Grahadi

CPNS 2019

Waspada Calo-calo Fiktif CPNS 2019 Sudah Berkeliaran, Seperti Ini Modusnya

Anom mengharapkan, masyarakat tidak mudah percaya pada calo ataupun pihak yang memanfaatkan momen CPNS untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab.

Waspada Calo-calo Fiktif CPNS 2019 Sudah Berkeliaran, Seperti Ini Modusnya
SURYA.co.id/Bobby Constantine Koloway
Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa, Timur Anom Surahno. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur (BKD Jatim), Anom Surahno menegaskan, bahwa untuk seleksi CPNS Provinsi Jawa Timur tahun 2019 tidak ada yang dilakukan secara manual.

Menurut Anom, semua proses dilakukan secara digital dengan mengunggah berkas lewat website.

Penegasan itu ia sampaikan lantaran mulai ada laporan munculnya calo-calo fiktif untuk CPNS 2019 dengan modus jasa pengiriman berkas ke Pemerintah Pusat.

Laporan tersebut dikatakan Anom ia terima dari Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Kediri.

"Kita tadi menerima laporan dari Nganjuk dan Kediri. Ada calo CPNS dengan modus mengirimkan berkas CPNS. Padahal semua online. Tidak ada pengiriman berkas manual, semua via website," kata Anom, Senin (11/11/2019).

Terkait pengaduan itu, Anom menegaskan kembali kepada masyarakat jika semua informasi sudah serba digital.

Anom mengharapkan, masyarakat tidak mudah percaya pada calo ataupun pihak yang memanfaatkan momen CPNS untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab.

"Semua berkas diupload online. Bahkan diakhir upload itu ada swa fotonya. Jadi jangan percaya dengan calo-calo tak bertanggung jawab," tandasnya.

Ia menerangkan, pendaftaran dilakukan lewat website http://sscasn.bkn.go.id. Pendaftaran bisa dilakukan begitu proses verifikasi indeks pengumuman formasi seluruh daerah sudah selesai dilakukan.

Jadi, meski hari ini ditentukan sebagai waktu dibukanya pendaftaran, dikatakan Anom, saat ini jika membuka laman tersebut belum tersedia menu pendaftaran dan terpampang waktu hitungan mundur dalam layar yang menunjukkan kapan pendaftaran akan dilakukan.

Hal tersebut dikarenakan pusat dengan melakukan verifikasi indeks terkait formasi jabatan.

"Masih verifikasi indeks terkait formasi, kan nasional. Tapi siang ini insyaa Allah selesai dan nanti sudah bisa mulai mendaftar. Namun hari ini serentak formasi diumumkan. Sehingga sembari menunggu pendaftaran bisa dimanfaatkan dengan mempersiapkan diri berdasarkan formasi yang dibuka," tegas Anom.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur membuka sebanyak 1.817 formasi jabatan di CPNS 2019. Detail formasi jabatan yang dibuka oleh Pemprov Jawa Timur di CPNS 2019 tersebut bisa diunduh di sini.

Detail formasi jabatan yang dibuka oleh Pemprov Jawa Timur di CPNS 2019 tersebut bisa diunduh di sini.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved