Berita Kediri

Sambut Hari Pahlawan Gelar Lomba Pidato Bung Karno di Rumah Persada Sukarno

Kegiatan ini dimaksudkan untuk membangkitkan kesadaran siswa-siswi sekolah akan kebesaran bangsa Indonesia dan Pancasila Dasar Negara.

Sambut Hari Pahlawan Gelar Lomba Pidato Bung Karno di Rumah Persada Sukarno
SURYA.co.id/Didik Mashudi
Peserta lomba deklamasi Bung Tomo dan pidato Bung Karno mengikuti lomba di halaman Rumah Persada Sukarno di Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Sabtu (9/11/2019). 

SURYA.co.id | KEDIRI - Menyambut Hari Pahlawan 10 November 2019, Persaudaraan Cinta Tanah Air Indonesia (PCTAI) menggelar kegiatan di Rumah Persada Sukarno, tempat masa kecil Bung Karno di Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Sabtu (9/11/2019).

Lomba yang digelar di antaranya, lomba Deklamasi Bung Tomo, lomba Deklamasi Pidato Presiden Soekarno di Forum PBB dan lomba Menuliskan Cita-cita Tingkat Dunia.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk membangkitkan kesadaran siswa-siswi sekolah akan kebesaran bangsa Indonesia dan Pancasila Dasar Negara.

"Indonesia adalah negara besar yang memiliki cita-cita tingkat dunia. Cita-cita internasional. Sebagaimana pesan Bung Karno kita adalah bangsa yang besar bukan bangsa tempe," ungkap Ketua Panitia Penyelenggara, Herbowo.

Dijelaskan Herbowo, sebagaimana tertulis Pembukaan UUD 1945. Cita-cita internasional bukanlah gagasan baru, justu ide lama yang terpendam.

"Wasiat para pendiri bangsa dan negara yang harus terus kita kobarkan jangan sampai padam," cetusnya.

Peserta lomba dari sejumlah sekolah di sekitar Kecamatan Wates. Tema lomba yang diangkat, "Perdamaian Dunia Abadi".

"Kegiatan ini gratis tanpa dipungut biaya," tandasnya.

Sebelum mengikuti lomba setiap peserta akan mendapatkan pelatihan Deklamasi dan Menuliskan Cita-Cita Tingkat Dunia. Peserta mendapatkan Sertifikat Apresiasi dan mendapatkan Tropy bagi pemenang lomba.

Kushartono, Ketua DPC Persaudaraan Cinta Tanah Air Indonesia Kabupaten Kediri menambahkan, kegiatan menyambut peringatan Hari Pahlawan semua gratis tidak berbayar.

"Kita tidak bisnis karena kita ingin menumbuhkan rasa bangga kepada Indonesia pada diri anak-anak. Sesuai program pendidikan kita pembangunan karakter bangsa," jelasnya.

Diungkapkan, dengan menirukan pidato Bung Tomo yang berapi-api dan pidato Bung Karno di sidang Umum PBB terkait usulan Pancasila masuk dalam Piagam PBB yang dibacakan pada 30 September 1960.

"Kami yakin sedikit banyak pasti tumbuh rasa bangga pada bangsa dan negeri ini," harapnya.

Setelah kegiatan lomba-lomba menyambut Hari Pahlawan bakal dilanjutkan dengan doa bersama lintas agama dan selamatan

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved