Sajian Pasta Bolognese Bikinan Sendiri, Dibuat dari Bahan Lokal yang Sehat

"Saya ingin kita tetap sehat saat sepuluh atau dua puluh tahun lagi. Nantinya, tantangan kita akan lebih berat, belum lagi tingkat stres.

Sajian Pasta Bolognese Bikinan Sendiri, Dibuat dari Bahan Lokal yang Sehat
surabaya.tribunnews.com/christine ayu nurchayanti
Citra Bayunda (kanan), artisan vegan baking sekaligus owner 3 Tungku, membagikan cara memasak pasta bolognese dengan memanfaatkan bahan lokal yang sehat. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pasta merupakan sajian khas Italia yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Beragam pasta siap saji pun tersedia di pasaran.

Masyarakat pun banyak yang mengolah masakan ini dengan bahan-bahan kurang sehat. 

Melihat hal ini, Citra Bayunda, seorang artisan vegan baking sekaligus owner 3 Tungku, membagikan resep pasta yang lebih aman dikonsumsi.

"Kali ini, saya memasak pasta bolognese dengan memanfaatkan bahan-bahan lokal yang lebih sehat,", ungkapnya dalam cooking demo yang digelar di MedicElle Clinic, Jumat (8/11/2019).

Citra memilih pasta yang terbuat dari singkong yang bebas gula. Selain lebih sehat, bahan tersebut juga didapatkan dari petani lokal.

"Pasta tersebut cukup direbus selama beberapa menit, kemudian baru dicampur dengan saus balognese," ungkap Citra.

Tidak menggunakan saus kemasan kaleng, ia pun mengajak masyarakat untuk membuat saus bolognese sendiri, menggunakan bahan-bahan yang lebih sehat.

Cara membuatnya gampang. Citra mengatakan, bahan-bahan yang diperlukan yaitu daging yang telah dicacah, tomat yang  telah direbus kemudian diblender, bawang bombay yang dipotong dadu, dan bawang putih yang digeprek dan dicincang.

Agar rasanya lebih sedap, jangan lupa menambahkan gula, garam, merica, oregano, dan minyak kelapa untuk menumis

"Cara membuatnya, pertama, tumis bawang bombay dan bawang putih menggunakan minyak kelapa. Saya pilih minyak ini karena lebih sehat dan menghasilkan rasa yang lebih gurih," ungkap Citra.

Halaman
12
Tags
pasta
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved