Puluhan Warga Desa Watesumpak Ngeluruk Kantor Kejari Mojokerto Minta Pungli Sertifikat Gratis Diusut

Puluhan warga Desa Watesumpak ngeluruk kantor Kejari Mojokerto, Jumat (8/11/2019). Mereka minta pungli sertifikat gratis diusut.

Puluhan Warga Desa Watesumpak Ngeluruk Kantor Kejari Mojokerto Minta Pungli Sertifikat Gratis Diusut
SURYA.co.id/FEBRIANTO RAMADANI
Suasana Unjuk Rasa Yang digelar oleh Aliansi Masyarakat Peduli Hukum di Kantor Kejari Kabupaten Mojokerto, Jumat (8/11/2019). 

SURYA.co.id | MOJOKERTO - Puluhan warga Desa Watesumpak, Trowulan ngeluruk kantor Kejari Mojokerto, Jumat (8/11/2019) sekitar pukul 10.00 WIB.

Warga menuntut Kejari memberantas pungli sertifikat gratis.

Massa meminta Kejari Kabupaten Mojokerto segera menindaklanjuti laporan terkait dugaan kasus pungli Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). 

Dengan membawa spanduk bertuliskan 'Brantas Pungli Sampai Akar-akarnya', massa kemudian  menggelar aksi di depan aparat keamanan yang sedang berjaga di depan kantor kejaksaan.

Mereka juga membawa tumpeng dan dupa yang dibakar sebagai pertanda aksi demonstrasi dimulai.

Massa juga meminta pihak Kejari Kabupaten Mojokerto untuk menemui mereka. 

Massa menilai, program pembuatan sertifikat gratis melalui program yang dicanangkan Presiden Joko Widodo tahun 2019 di desa mereka tidak transparan.

Warga diminta menyerahkan biaya administrasi untuk pendaftaran PTLS oleh panitia dan oknum perangkat desa rata-rata Rp 366.000. Bahkan warga tidak diberikan kwitansi bukti pembayaran. 

Beberapa jam kemudian, Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus), Agus Hariyono dan Kasi Intel, Nugraha Wisnu, menemui massa tersebut. Massal menyampaikan tuntutan agar laporan warga yang sudah disampaikan ke Kejari Kabupaten Mojokerto pada, Selasa (29/10/2019) lalu, segera ditindaklanjuti. Warga juga menyerahkan surat pernyataan agar ditandatangani pihak Kejari Kabupaten Mojokerto

Namun Kasi Pidsus Kejari Kabupaten Mojokerto, Agus Hariyono menolak menandatangi surat pernyataan tersebut.

Halaman
123
Penulis: Febrianto Ramadani
Editor: Iksan Fauzi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved