Berita Gresik

Sidang Praperdilan Sekda Gresik, Saksi Ahli: Mangkir Beberapa Kali termasuk upaya Melarikan Diri

Dr Priyo Djatmiko menjalani sumpah sebagai saksi ahli dalam sidang praperadilan yang diajukan Sekda Gresik nonaktif, Andhy Hendro Wijaya.

Sidang Praperdilan Sekda Gresik, Saksi Ahli: Mangkir Beberapa Kali termasuk upaya Melarikan Diri
surya.co.id/sugiyono
SAKSI AHLI - Dr Priyo Djatmiko menjalani sumpah sebagai saksi ahli dalam sidang praperadilan yang diajukan Sekda Gresik nonaktif, Andhy Hendro Wijaya, di PN Gresik,  Rabu (6/11/2019). 

SURYA.co.id | GRESIK - Ahli hukum pidana Dr Priyo Djatmiko dari Universitas Brawijaya Malang, mengatakan mangkir berkali-kali dari panggilan penyidik merupakan tindakan uapaya melarikan diri.

Tindakan Sekda Gresik Nonaktif Andhy Hendro Wijaya yang mangkir beberapa kali dari panggilan jakisa dinilai sebagai perbuatan melarikan diri.

Sebab, setelah penyidik mencari tahu di rumah dan tempat kerja juga tidak ditemukan.

Pendapat Dr Priyo yang juga dosen hukum pidana di kampus yang sama itu dikemukakannya dalam sidang praperadilan Sekda Gresik nonaktif Andhy Hendro Wijaya di Pengadilan Negeri Gresik, Rabu (6/11/2019).

Selain saksi ahli Dr Priyo Djatmiko, sidang menghadirkan sekretaris pribadi sekda Gresik, Lilis.

"Perbuatan melarikan diri yaitu tiga kali berturut-turut tanpa keterangan yang jelas tidak hadir dari penggilan penyidik. Kemudian, penyidik melakukan pencarian di kediamannya dan di tempat kerja, tidak menemukan. Itu sudah upaya melarikan diri," kata Dr Priyo.

Sedangkan terkait daftar pencarian orang (DPO), sebagai upaya penegak hukum dalam mencari keberadaan seseorang yang diduga melanggar hukum. 

"Upaya kepolisian dan penyidik untuk mencari seseorang dengan diumumkan di media masa. Itu untuk menentukan seseorang menjadi DPO," imbuhnya.

Terkait keberadaan Sekda Andhy Hendro Wijaya, sekpri sekda Gresik Lilis menjelaskan surat panggilan sebagai tersangka Andhy dari Kejaksaan Negeri Gresik sudah tiba tiga hari sebelum hari pertama dipanggil.

Namun, Andhy memilih ke Jakarta dengan alasan menghadiri undangan sosialisasi pada Selasa (15/10/2019).

Halaman
12
Penulis: Sugiyono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved