Berita Surabaya

Pemkot Surabaya Genjot Pembersihan Saluran Air, Antisipasi Genangan saat Hujan

Pemkot Surabaya mulai mengantisipasi kemungkinan terjadinya genangan di jalan dengan cara genjot pengerukan saluran air di berbagai kawasan

Pemkot Surabaya Genjot Pembersihan Saluran Air, Antisipasi Genangan saat Hujan
dok surya/fatimatuz zah
Ilustrasi - Pemkot Surabaya bersihkan saluran yang mampet 

SURYA.co.id | SURABAYA - Memasuki musim hujan, Pemkot Surabaya mulai mengantisipasi kemungkinan terjadinya genangan di jalan. Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Surabaya genjot pengerukan saluran air di berbagai kawasan.

Kepala Bidang Pematusan (DPUBMP), Syamsul Hariadi, menyebut beberapa saluran air mengalami pendangkalan akibat sedimentasi. Kalau dibiarkan, ditakutkan saluran tidak bisa menampung air hujan sehingga menimbulkan genangan.

Syamsul menyebutkan, pengerukan saluran menggunakan peralatan, mulai dari alat berat berupa eskavator serta dump truck. Ada 63 eskavator dan 80 unit dump truck yang bisa dikerahkan.

Hasil kerukan nantinya dibuang ke Bekas Tanah Kas Desa (BTKD) dan bisa digunakan untuk pembangunan lapangan.

"Agar biayanya tak terlalu tinggi, makanya kita uruk dengan sedimen, atasnya baru finishing dengan sirtu,” kata Syamsul, Kamis (7/11/2019).

Selain pembangunan lapangan, kerukan saluran juga bisa dimanfaatkan untuk pembuatan taman.

Ia menambahkan, sedimentasi saluran air sendiri bisa terjadi karena kondisi topografi Kota Surabaya yang datar, sehingga saluran air yang sebelumnya tingginya 2 meter, akibat sedimentasi menjadi 1 meter.

“Kapasitas yang harusnya terisi air, terisi sedimen lumpur maupun campuran sampah dan sebagainya. Dengan kegiatan pengerukan saluran, ketika hujan, jika sebelumnya berisi sedimen, kembali terisi air,” terangnya.

Dalam melakukan kegiatan pengerukan saluran, DPUBMP menerjunkan sekitar 1.400 satgas, yang terbagi dalam lima rayon, masing-masing Surabaya Barat, Timur, utara, Selatan dan Pusat.

Penulis: Delya Octovie
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved