Citizen Reporter

Meriahnya Bulan Bahasa dan Maulid Nabi SAW di SMPN 3 Peterongan

Felis merupakan agenda tahunan SMPN 3 Peterongan yang telah dirintis sejak 2017 dengan meluncurkan lomba tulis esai tingkat Jatim.

Meriahnya Bulan Bahasa dan Maulid Nabi SAW di SMPN 3 Peterongan
Faiq Rosidah/Citizen Reporter
Meriahnya Bulan Bahasa dan Maulid Nabi SAW di SMPN 3 Peterongan 

SURYA.co.id - Dalam rangka memeriahkan Bulan Bahasa dan Maulid Nabi SAW, SMPN 3 Peterongan, Kabupaten Jombang, mengadakan Festival Literasi (Felis) 2019.

Felis merupakan agenda tahunan SMPN 3 Peterongan yang telah dirintis sejak 2017 dengan meluncurkan lomba tulis esai tingkat Jatim.

Felis tahun ini lebih meriah karena lebih banyak kegiatan yang meliputi kegiatan-kegiatan khusus internal sekolah dan kegiatan eksternal.

Kegiatan internal mencakup lomba tulis sinopsis, lomba tulis puisi, lomba tulis resensi, lomba keindahan kelas, dan lomba karya pameran kelas yang bertempat di lapangan sekolah.

Lomba eksternal mencakup lomba tulis opini tingkat SMP/MTs se-Jatim dan lomba baca puisi tingkat SD/MI.

Selain itu, ada juga workshop untuk guru-guru SD/MI tentang teknik pembacaan puisi yang dipandu MS Nugroho, guru yang juga sastrawan Jombang.

Ada 32 tim dari 24 sekolah dari 14 kota dan kabupaten yang ikut berlomba untuk memperebutkan Piala Gubernur Jatim. Para pemenang mendapatkan sertifikat sebagai pemenang yang akan ditandatangani Gubernur Jatim.

Puncak acara Felis dilaksanakan Minggu (3/11/2019) dihadiri Satria Dharma yang menggagas Gerakan Literasi Sekolah.

Sutejo yang membuat Sekolah Literasi Gratis Ponorogo, Anjrah Lelono dari komunitas sastra Mojokerta, Andy Setyo dari komunitas Boenga Ketjil, wakil tim Gerakan Menulis Buku Indonesia, dan sastrawan lainnya, termasuk Robin Alkautsar.

Acara puncak dihadiri juga oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jombang, Kepala Perpusda Jombang, dan Ketua Komite sekaligus Wakil Majlis Pimpinan Darul Ulum, Zaimuddin WA.

Acara puncaknya berupa peluncuran lebih dari 30 buku karya guru dan siswa SMPN 3 Peterongan. Satria Dharma senang dilibatkan dalam Felis 2019.

“SMPN 3 Peterongan yang merupakan sekolah model sampai saat ini telah berhasil mendorong para guru dan siswa menghasilkan puluhan karya buku. Saya sungguh senang mendapat hadiah buku-buku karya mereka," tuturnya.

Kemeriahan Felis ditutup dengan pemberian hadiah bagi para pemenang. Pemenang 1, 2, dan 3 Lomba Menulis Opini adalah MTsN 1 Sumenep, MTsN 7 Blitar, dan SMPI Al-Ummah Jombang.

Lomba Baca Puisi diraih Galuh Aulia, Amaliya Khansa, dan Himmatul Latifah.

Faiq Rosidah
Guru SMPN 3 Peterongan, Jombang
frosida74@gmail.com

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Adrianus Adhi
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved