Citizen Reporter

Belajar Bisnis Start-up Bareng Gamal Albinsaid, Bagikan 2 Tips Agar Berhasil

Indonesia memiliki banyak tokoh technopreneurship yang sukses mengembangkan bisnis di dunia start-up. Salah satunya, ialah dr Gamal Albinsaid

Belajar Bisnis Start-up Bareng Gamal Albinsaid, Bagikan 2 Tips Agar Berhasil
Zanna Afia D/citizen reporter
Belajar Bisnis Start-up Bareng Gamal Albinsaid, Bagikan 2 Tips Agar Berhasil 

SURYA.co.id - Perkembangan teknologi yang kian pesat telah membawa perubahan dan dampak luar biasa bagi kehidupan manusia.

Kini pemanfaatan teknologi sebagai peluang usaha telah melahirkan istilah baru dalam dunia kewirausahaan, yaitu technopreneurship.

Technopreneurship diartikan sebagai cara pemanfaatan teknologi yang tengah berkembang pesat menjadi peluang usaha.

Technopreneur memiliki andil yang cukup besar dalam menumbuhkan dan meningkatkan perekonomian suatu negara.

Indonesia memiliki banyak tokoh technopreneurship yang sukses mengembangkan bisnis di dunia start-up. Salah satunya, ialah dr Gamal Albinsaid M Biomed, CEO Indonesia Medika.

Dalam acara seminar nasional yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Ilmu Informasi dan Perpustakaan (Himaforsta) Universitas Airlangga (Unair), Rabu (30/10/2019) Gamal berbagi tips dan pengalamannya merintis berbagai bisnis start-up yang kini ia kembangkan.

“Technopreneur benar-benar menguji kapasitas kita sebagai seorang leader dan manager di saat yang sama. Menguji kemampuan people management kita, bagaimana kita bisa memimpin tim untuk menghasilkan sebuah project yang solving problem,” terangnya.

Inovator muda itu memaparkan, penyebab kegagalan start-up yang paling sering ialah produk yang tidak memenuhi kebutuhan pasar.

Menurutnya, terdapat tiga basis fundamental yang harus dipegang calon technopreneur, yakni produk, marketing, dan finance atau keuangan. 

“Yang pertama adalah produk. Pastikan produk memenuhi kebutuhan pasar, mampu menyelesaikan masalah. Pastikan produk itu benar-benar diharapkan masyarakat,” paparnya.

Halaman
12
Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Adrianus Adhi
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved