Berita Jember

Pemuda dan Mahasiswa se-Bakorwil V Jember Dilatih Menjadi Entrepreneurship

Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur menggelar pelatihan kewirausahaan untuk pemuda dan mahasiswa se-Bakorwil V Jember

Pemuda dan Mahasiswa se-Bakorwil V Jember Dilatih Menjadi Entrepreneurship
SURYA.co.id/Sri Wahyunik
Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur menggelar pelatihan kewirausahaan untuk pemuda dan mahasiswa se-Bakorwil V Jember di Hotel Bintang Mulia Jember. 

SURYA.co.id | JEMBER - Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur menggelar pelatihan kewirausahaan untuk pemuda dan mahasiswa se-Bakorwil V Jember.

Pelatihan tersebut digelar selama tiga hari mulai Senin (4/11/2019) hingga Rabu (6/11/2019).

Pelatihan yang digelar di Hotel Bintang Mulia Jember itu diikuti oleh 78 peserta yang berasal dari Jember, Lumajang, Kota dan Kabupaten Probolinggo, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi.

Kepala Seksi Penyelenggaran Pelatihan UPT Pelatihan, Koperasi, UKM Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Timur, Sutoyo mengatakan pelatihan itu untuk membentuk jiwa entrepreneurship bagi pemuda dan mahasiswa.

"Pesertanya mahasiswa dan pemuda. Pelatihan ini kami lakukan untuk membekali mereka bagaimana memiliki jiwa entrepreneurship dan melakukan usaha. Tidak hanya berharap menjadi abdi negara saja," ujar Sutoyo.

Jika mereka memiliki usaha, lanjut Sutoyo, maka bisa membuka lapangan pekerjaan.

Dinas Koperasi dan UMKM Jatim menyasar pemuda dan mahasiswa sebagai peserta pelatihan karena generasi itu adalah generasi yang melek pada teknologi informasi.

Sebab, materi yang diberikan tidak jauh dari materi dunia digital. Materi yang disampaikan antara lain tentang perencanaan bisnis, strategi membangun bisnis, kemasan, pembukuan digital juga pemasaran digital.

Sutoyo berharap peserta memanfaatkan pelatihan secara maksimal. Apalagi materi pelatihan disampaikan oleh mentor yang berpengalaman.

Mentor antara lain berasal dari pelaku UKM yang sudah eksis, kemudian menjadi konsultan klinik UMKM di Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jatim. Selain itu, mentor juga pengajar di perguruan tinggi.

Sementara itu, Kepala Bidang Kemasyarakatan Bakorwil V Jember, Mamok Bisowarno mengapresiasi pelatihan itu.

"Terutama pemuda dan mahasiswa yang tentunya melek sama teknologi informasi. Pada pegang gadget. Gadget dan internet sebaiknya dipakai secara baik dan positif," ujar Mamok.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved