Berita Ekonomi Bisnis

Pertamina Patra Niaga Bidik Kapal Asing untuk Penuhi Target Penjualan 210.000 Kl BBM Tahun ini

PT Pertamina Patra Niaga (PPN) di tahun 2019 ini ditargetkan untuk mampu menjual Bahan Bakar Minyak (BBM) produksi Pertamina 210.000 Kilo Liter (KL).

Pertamina Patra Niaga Bidik Kapal Asing untuk Penuhi Target Penjualan 210.000 Kl BBM Tahun ini
surya.co.id/sri handi lestari
Bernard Partogi Siagian, General Manager Region III PPN (paling kanan) dan Nina Sulistyowati, Dirut PPN (kedua dari kiri) saat peresmian kantor baru di lantai 15 Gedung AMG Tower, Surabaya, Senin (4/11/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - PT Pertamina Patra Niaga (PPN) di tahun 2019 ini ditargetkan untuk mampu menjual Bahan Bakar Minyak (BBM) produksi Pertamina 210.000 Kilo Liter (KL) di wilayah Jatim, Jateng, Yogyakarta, Bali dan Nusa Tenggara.

Hingga akhir Oktober 2019 telah tercapai sekitar 90 persen.

Untuk mengejar sisanya, PPN membidik kapal asing yang masuk di pelabuhan-pelabuhan di wilayahnya. Terutama di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya yang sekitar 10-20 persen dikunjungi kapal asing.

Hal itu dikatakan Bernard Partogi Siagian, General Manager (GM) Region III PPN, ditemui dalam peresmian kantor baru di lantai 15 Gedung AMG Tower, Surabaya, Senin (4/11/2019).

Selama ini, menurut Bernard, kapal-kapal asing yang sandar di pelabuhan-pelabuhan di wilayah kerjanya, mayoritas sudah membawa stok BBM dari negara lain. Terutama dari Singapura.

"Nah, potensi pasarnya masih besar. Targetnya mereka juga mengisi dan membeli BBM di Indonesia. Saat ini layanan BBM untuk kapal yang kami lakukan, masih sekitar 50 - 60 persen adalah kapal niaga besar lokal, kemudian sisanya kapal niaga kecil, kapal nelayan dan kapal-kapal penyeberangan," ungkap Bernard.

Sisanya sekitar 40 persen, PPN melayani BBM untuk kalangan industri. Terutama industri menengah dan besar yang memiliki kebutuhan BBM dalam jumlah besar dan berkelanjutan untuk mendukung produksinya.

Sementara kembali ke pencapaian target penjualan, Bernard menyebutkan, sebenarnya dengan pasar yang sudah dilayani saat ini, potensi target bisa tercapai sudah bisa dipenuhi. Namun pihaknya terus agresif mencari dan mengembangkan potensi pasar baru yang masih bisa digarap.

"Salah satunya BBM untuk kapal asing tersebut," tegas Bernard.

Dalam kegiatan peresmian kantor PPN Regional III tersebut, hadir Direktur Utama (Dirut) PPN, Nina Sulistyowati.

Halaman
12
Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved