Berita Surabaya

Masuk Musim Hujan, BPBD Jatim Imbau Pemda Petakan Daerah Rawan Bencana Banjir dan Tanah Longsor

BPBD Jatim mengimbau pemerintah kabupaten/kota di Jatim mulai siaga untuk mengantisipasi bencana banjir dan tanah longsor saat musim hujan

Masuk Musim Hujan, BPBD Jatim Imbau Pemda Petakan Daerah Rawan Bencana Banjir dan Tanah Longsor
surya.co.id/nuraini faiq
Warga Kota Surabaya rela basah kuyup menyambut hujan pertama di kawasan Simo Pomahan, Jumat (1/11/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim mengimbau pemerintah kabupaten/kota di Jatim mulai siaga untuk mengantisipasi bencana banjir dan tanah longsor. Imbauan ini dikeluarkan lantaran Jatim sudah memasuki musim hujan.

"Kami sudah menyusun Surat Edaran (SE) Gubenur Jatim kepada kabupaten kota untuk siaga banjir dan longsor tahun 2019. SE tersebut meminta pemda di Jatim untuk siaga dan memetakan daerah-daerah mana saja yang berpotensi terjadinya banjir longsor," kata Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Jatim, Satriyo Nurseno, Senin (4/11/2019).

Selain memetakan daerah rawan bencana, Satriyo juga berharap Pemda juga mempunyai cadangan logistik, dan peralatan untuk mengantisipasi datangnya banjir dan longsor. Terlebih lagi untuk daerah yang menjadi langganan banjir seperti daerah di bantaran Sungai Bengawan Solo dan Sungai Brantas.

"Kalau banjir Bengawan Solo itu mulai dari Magetan, Ngawi, Madiun, Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Gresik, Mojokerto sama Brantas. Brantas itu dari Malang, Kediri, Jombang, Mojokerto. Itu yang menjadi tiap tahun kejadian ada di sana," ucapnya.

Lalu daerah yang rawan longsor mulai di pegunungan selatan mulai dari daerah Pacitan sampai Banyuwangi.

"Itu yang rawan longsor dari Banyuwangi, Pacitan, Jember, Lumajang, Probolinggo, Pasuruan, Malang, dan Batu," kata Satriyo.

Selain mengimbau pemerintah daerah, BPBD Jatim sendiri sudah menyiapkan personel, dan peralatan untuk bersiaga mengantisipasi datangnya banjir maupun tanah longsor.

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved