Berita Gresik

Tujuan DMI Gresik yang Berharap Setiap Masjid Miliki Sumur Sendiri

Pengurus Daerah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Gresik menginginkan sumur di setiap masjid yang belum memiliki sumur.

surya.co.id/willy abraham
Pelatinkan Pengurus Daerah Kabupaten Gresik, Minggu (3/11/2019). 

SURYA.co.id | GRESIK - PD Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Gresik menginginkan adanya pembangunan sumur di setiap masjid yang belum memiliki sumur. Tujuannya, agar setiap musim kemarau masjid tidak mengalami kekeringan.

Pihaknya akan bersinergi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Gresik.

"Ini merupakan satu dari sembilan program kerja untuk fokus memakmurkan masjid. Kita mendukung program Pak Bupati yakni pembuatan seribu sumur," kata Ketua PD DMI Gresik Zainal Abidin, Minggu (3/11/2019).

"Tentu kami akan mendata dan fasilitasi masjid yang kekurangan air dan tak memiliki sumur agar bisa dibuatkan dan mencari sumber air," imbuhnya.

Masih kata Zainal, sudah saatnya masjid menjadi pusat keagamaan atau islamic center. Menurutnya, islamic center bukan hanya sebuah simbol bangunan besar. Masjid yang berada di Gresik sudah termasuk islamic center.

Tinggal bagaimana memanfaatkan masjid dengan berbagai kegiatan tentang kajian islam dilaksanakan di masjid.

"Masjid tentu akan makmur, sehingga masjid tak hanya menjadi tempat beribadah namun tempat kajian keagamaan serta pusat kegiatan keislaman," terangnya.

Sekretaris DMI Gresik Abdullah Farih membeberkan tidak hanya membangun sumur untuk mengantisipasi kekurangan air saat musim kemarau.

"Kita juga mengkampanyekan masjid ramah anak, perempuan dan disabilitas," tegas Farih.

Farih menjelaskan sembilan program kerja prioritas yang akan dilakukan.

Seperti pengembangan pendidikan al-quran, ilmu pengetahuan dan akhlaqul karimah, melakukan gerakan dakwah islam moderat.

Kemudian penguatan organisasi administrasi aset masjid, pemberdayaan ekonomi jemaah masjid dengan membentuk, membina lembaga masjid untuk kesejahteraan jemaah dan membentuk 18 masjid percontohan yang tersebar di seluruh kecamatan di Gresik.

Penulis: Willy Abraham
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved