Single Focus

Rekrutmen P3K Ditunggu Honorer Berusia di atas 35 Tahun

Kota Surabaya dipastikan tidak akan memberi alokasi khusus kepada honorer K2 dalam rekrutmen CPNS tahun ini.

Rekrutmen P3K Ditunggu Honorer Berusia di atas 35 Tahun
surabaya.tribunnews.com/ahmad zaimul haq
Sejumlah guru tidak tetap dan pegawai tidak tetap yang tergabung dalam Perkumpulan Honorer Kategori 2 Indonesia (PHK2I) Jatim saat berkumpul di Taman Apsari, Jumat (1/11). Rekrutmen CPNS oleh Pemerintah membuat nasib honorer K2 harap-harap cemas. Bagi yang berusia diatas 35 tahun belum jelas nasib meski sudah belasan bahkan puluhan tahun mengabdi. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kota Surabaya dipastikan tidak akan memberi alokasi khusus kepada honorer K2 dalam rekrutmen CPNS tahun ini. Termasuk, tidak membuka lowongan untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

Sekdakot Surabaya, Hendro Gunawan menuturkan, pegawai ini setara dengan PNS. Baik gaji dan tunjangan yang mengikuti pegawai ini juga selevel. Namun mereka tidak mendapat fasilitas pensiun seperti halnya PNS.

"Semua fasilitas P3K sama. Namun tahun ini, kami pastikan tak ada pendaftaran P3K," kata Hendro.

Sebenarnya, rekrutmen P3K di Jatim ini sudah pernah digelar. Namun hingga saat ini, keberadaan P3K hasil rekrutmen belum jelas. Mereka juga belum mendapat hak seperti gaji setara PNS dan tidak jelas jenjang kepangkatan mereka.

Semula, Pemkot Surabaya berniat memasukkan rekrutmen P3K bersamaan dengan rekrutmen CPNS. Honorer K2 yang berusia di atas 35 tahun bisa mendaftar P3K ini, rekrutmen juga terbuka untuk kalangan umum. Terutama tenaga fungsional.

Seperti guru, penyuluh, tenaga kesehatan, dan tenaga fungsional lain.

Hendro menegaskan bahwa pihaknya masih menunggu Pusat untuk merekrut P3K. Pegawai ini mirip PNS, bedanya tanpa fasilitas pensiun.

Seperti diketahui, honorer K2 yang boleh mendaftar CPNS adalah mereka yang berusia tidak lebih dari 35 tahun.

Mereka tetap harus memenuhi kualifikasi umum untuk mendaftar dan beradu nasib menjadi CPNS.

Karena itu, pegawai P3K sangat ditunggu ribuan honorer K2. Pegawai setara PNS ini setidaknya menjadi harapan baru dan pengobat dahaga status honorer tanpa jaminan kesejahteraan itu. Meski tanpa fasilitas pensiun, kesejahteraan terangkat.

Halaman
12
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved