Kemenpora akan Libatkan Lintas Kementerian Bangun Roadmap Pembangunan Sepakbola

"Minggu depan, kami mengundang PSSI untuk membuat perencanaan. Di antaranya untuk membuat roadmap pembangunan sepakbola nasional," kata Zainudin

Kemenpora akan Libatkan Lintas Kementerian Bangun Roadmap Pembangunan Sepakbola
surya.co.id/khairul amin
Menpora Zainuddin Amali berkunjung ke Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (3/11/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali akan segera berkoordinasi dengan para pengurus PSSI yang baru. Dalam koordinasi tersebut, pihaknya akan membicarakan berbagai hal, di antaranya roadmap pengembangan sepakbola Indonesia.

"Minggu depan, kami mengundang PSSI untuk membuat perencanaan. Di antaranya untuk membuat roadmap pembangunan sepakbola nasional," kata Zainudin Amali ketika ditemui di Surabaya, Minggu (3/11/2019).

Penyusunan roadmap yang dimaksud Zainudin tersebut tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) nomor 3 tahun 2019. Inpres ini memuat tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan nasional.

"Saat ini, masih ada hutang (menyusun) roadmap. Inpres meminta menyusun roadmap sepakbola Indonesia," kata Zainudin yang sebelumnya menjabat Ketua Komisi 2 DPR RI.

Di dalam mengembangkan sepakbola, Zainudin menegaskan Kemenpora tak akan bergerak bersama PSSI saja. Menurutnya, pengembangan sepakbola membutuhkan perhatian semua pihak.

Di antaranya, lintas kementerian. Yakni meliputi, Kemenko PKM, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, hingga Kementerian Agama.

Juga, Kementerian Pendidikan Tinggi, Kementerian BUMN, Kementerian Agraria, Kementerian Keuangan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perencanaan Pembangunan, Kapolri, Gubernur, hingga Bupati dan Walikota.

"Jadi, nanti bisa dibawah koordinasi Kementerian PMK, Kemenpora, dan kementerian lainnya," kata ZA yang juga politisi Partai Golkar ini.

Salah satu fokus jangka pendek ke depan adalah menyiapkan tim nasional U-20 jelang piala dunia U-20 pada 2021 mendatang. Apalagi, saat itu, Indonesia akan menjadi tuan rumah.

"Kami konsentrasi betul untuk piala dunia U-20 pada 2021. Kami diinstruksikan Pak Presiden (Joko Widodo) untuk membentuk tim, mengusulkan pelatih, dan mencari tempat latihan," kata Zainudin menjelaskan.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved