Sosok

Ingin Mandiri, Irma Tri Rahmawati Sudah Bikin Usaha Sejak SMP, Terus Ikuti Tren

Irma Tri Rahmawati, owner @irgalerys dan @yunagift4u ini memang bertekad untuk hidup mandiri dengan cara mencari pemasukan sendiri.

Dokumen Pribadi
Irma Tri Rahmawati, owner @irgalerys dan @yunagift4u. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kecintaannya terhadap dunia bisnis diakui Irma Tri Rahmawati, owner @irgalerys dan @yunagift4u, diturunkan dari keluarganya.

"Kakek saya sejak dulu memang membuka bisnis. Kemudian menurun ke ibu saya yang suka jualan baju dan perabotan rumah tangga. Bakat ini juga menurun kepada saya," kata sosok kelahiran 17 Oktober 1996 ini.

Namun di balik itu semua, alumnus Universitas Airlangga ini memang bertekad untuk hidup mandiri dengan cara mencari pemasukan sendiri.

"Saya orangnya sungkan kalau minta terus ke orang tua, saya merasa sudah besar dan seharusnya sudah bisa cari uang jajan sendiri," ia mengatakan.

Lanjutnya, ia sudah membuka bisnis sejak duduk di bangku sekolah pertama.

Waktu itu, ia melihat kantin sekolahnya yang sempit dengan siswa yang banyak. Akhirnya, ia membuka usaha berjualan jajanan yang ia kemas sendiri.

"Awalnya yang beli cuman teman-temen sekelas. Terus dari mulut ke mulut, informasinya jadi menyebar. Banyak anak di kelas lain yang juga beli," lanjutnya.

Memasuki bangku SMA, Irma tak menghentikan usahanya. Ia terus mencari peluang pasar yang baru. Ia pun berjualan jilbab, pakaian, sepatu dan lain sebagainya.

"Bisnis terakhir, saya buka jasa pigura popup dan jasa desain vektor. Saya memang berusaha untuk mengikuti tren. Sekarang yang nge-tren apa diikuti," tandasnya.

Menurutnya, yang paling susah dalam menjalankan usaha yaitu sikap sabar dan telaten.

Karakteristik costumer yang beragam membuatnya harus pandai bersikap. Selain itu, juga harus konsisten eksis di media sosial agar tidak kehilangan pasar.

Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved