Advertorial

PLN Bantu Masyarakat Desa Banjardowo Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang Menuju Desa Mandiri

- PT PLN (Persero) melalui unitnya PT PLN (Persero) UIP JBTB I, memberikan bantuan pemasangan instalasi biogas dan pelatihan pengolahan pupuk organik

PLN Bantu Masyarakat Desa Banjardowo Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang Menuju Desa Mandiri
istimewa
PT PLN (Persero) melalui unitnya PT PLN (Persero) UIP JBTB I, memberikan bantuan pemasangan instalasi biogas dan pelatihan pengolahan pupuk organik yang berasal dari kotoran sapi, kepada kelompok ternak Lembu Jalak di Desa Banjardowo, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Kamis (31/10/2019). 

SURYA.co.id | JOMBANG - PT PLN (Persero) melalui unitnya PT PLN (Persero) UIP JBTB I, memberikan bantuan pemasangan instalasi biogas dan pelatihan pengolahan pupuk organik yang berasal dari kotoran sapi, kepada kelompok ternak Lembu Jalak di Desa Banjardowo, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Kamis (31/10/2019).

Bantuan tersebut juga sebagai apresiasi PT PLN (Persero) terhadap Kelompok Ternak Lembu Jalak yang senantiasa proaktif dalam mengembangkan lingkungan Desa Banjardowo. Khususnya, kepada Masyarakat Desa Banjardowo yang senantiasa mendukung pembangunan infrastruktur kelistrikan di desanya.

Deffy Sugiarto, Manager Pertanahan PT PLN UPP Kitring JBTB 1 yang merupakan unit di bawah PLN UIP JBTB I, mengatakan instalasi biogas ini akan dialirkan ke dalam rumah untuk dimanfaatkan sebagai bahan bakar gas.

"Untuk di Desa Banjardowo sudah ada dua unit dan dua peternak lembu. Kapasitasnya kurang lebih 7 meter kubik dan 4 meter kubik," ujarnya usai meninjau instalasi biogas, Kamis (31/10/2019).

Deffy menambahkan program CSR tersebut akan dipantau selama tiga tahun, dengan harapan bisa berkembang dari tahun ke tahun.

Deffy berharap, masyarakat Desa Banjardowo bisa memanfaatkan bantuan yang diberikan oleh PLN, sehingga bisa mandiri secara energi dalam bentuk gas dan penerangan.

"Semoga masyarakat mempunyai usaha di bidang pupuk atau dapat membuat pupuk secara mandiri untuk mengelola sawah dan ladang milik mereka. Melalui, pelatihan pembuatan pupuk kompos yang kami berikan kepada masyarakat," ujarnya.

Selain itu, lanjut Deffy, Desa Banjardowo diharapkan dapat menjadi pilot project untuk lingkungan di sekitarnya dalam peningkatan taraf hidup.

Baik dalam perluasan lapangan kerja serta dalam edukasi pemanfaatan biogas beserta limbahnya.

Ketua Kelompok Ternak Lembu Jalak, Ahmad Saifudin, menjelaskan, bantuan instalasi biogas sangat menguntungkan bagi masyarakat sekitar dan kelompok ternak di Banjardowo.

Halaman
12
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved