Pilwali Surabaya 2020

Baru Sepekan Dibuka, 12 Bacawali Surabaya Ambil Formulir di Gerindra, Berikut Nama-nama Mereka

Sejak dibuka pada 25 November 2019 lalu, sudah ada 12 orang yang mengambil formulir di partai berlambang kepala Garuda ini.

Baru Sepekan Dibuka, 12 Bacawali Surabaya Ambil Formulir di Gerindra, Berikut Nama-nama Mereka
surya.co.id/bobby constantine koloway
Suasana pendaftaran bakal calon walikota (Bacawali) Surabaya di DPC Gerindra Surabaya. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Partai Gerindra kebanjiran pendaftar pada proses penjaringan jelang pilkada Surabaya 2020 mendatang. Sejak dibuka pada 25 November 2019 lalu, sudah ada 12 orang yang mengambil formulir di partai berlambang kepala Garuda ini.

Ketua DPC Gerindra Surabaya, BF Sutadi menjelaskan pihaknya tak menyangka antusias para bakal calon Walikota terhadap partainya begitu besar. "Ini di luar ekspetasi kami," kata Sutadi kepada Surya.co.id ketika dikonfirmasi di Surabaya, Jumat (1/11/2019).

Pihaknya pada awalnya hanya menargetkan kurang dari 10 orang akan mendaftar. "Kami mengira hanya 6-7 orang. Ternyata, justru dua kali lipat padahal pendaftaran belum ditutup," kata Sutadi.

Tingginya animo masyarakat tersebut dinilai karena Gerindra memiliki magnet. Di antaranya, jumlah kursi Gerindra di DPRD Surabaya yang mencapai lima kursi atau setngah dari syarat minimal mendaftarkan calon (10 kursi DPRD Surabaya).

Selain itu, proses penjaringan di Partai besutan Prabowo Subianto tersebut juga berlangsung transparan. Serta, tidak memungut biaya alias gratis.

Sutadi cukup optimistis jumlah tersebut masih akan meningkat. Mengingat, masih panjangnya waktu pendaftaran, yakni hingga 15 November mendatang.

Selain itu, banyak kader internal partainya yang belum mengambil formulir. "Mayoritas yang mengambil formulir memang merupakan kader dari partai lain atau figur yang belum punya partai," ungkapnya.

Dari data yang disampaikan Sutadi, keduabelas nama merupakan figur populer. Dari internal partainya, ada nama Bambang Haryo, mantan Anggota Fraksi Gerindra di DPR RI periode 2014-2019.

Kemudian, ada nama Ahmad Dhani, musisi nasional. Dhani juga merupakan politisi Gerindra mengingat pada pemilu 2019 lalu, Dhani menjadi calon legislatif untuk DPR RI dari Fraksi Gerindra juga di daerah pemilihan Jatim 1 (Surabaya-Sidoarjo).

Dari luar partai, ada beberapa kader lain. Di antaranya Vincencius Awey (NasDem) dan Dwi Astutik (PPP). Keduanya mendaftar di hari yang berbeda.

Juga, ada beberapa nama profesional yang mencoba peruntukan di Gerindra. Misalnya, Sudjadi (budayawan), hingga Harianto (Pengacara/Advokat).

Sutadi menegaskan tak ada perbedaan persyaratan antara kader internal maupun bakal calon dari luar partai. Semuanya wajib menyerahkan syarata yang sama.

Mulai dari beberapa surat keterangan, surat pernyataan, dan essay tentang visi dan misi membangun Kota Surabaya. "Penyerahan syarat itu juga sama, pada 15 November 2019 mendatang," jelasnya. (bob)

Daftar Sementara Bacawali Surabaya yang Ambil Formulir di Gerindra (hingga 31 Oktober 2019):
1. Agustiawan
2. Sudjadi
3. Mariyadi
4. Isdiyarto
5. A Dwi R
6. Harianto
7. Ahmad Dhani
8. Sutjipto Joe Angga
9. Dwi Astutik
10. Bambang Haryo
11. Vinsencius Awey
12. Budi Santoso

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved