Berita Mojokerto

7 Desa di Mojokerto Keberatan atas Hasil Pilkades Serentak 2019, ini Beberapa Alasannya

Tujuh Desa di Kabupaten Mojokerto mengajukan keberatan hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2019.

7 Desa di Mojokerto Keberatan atas Hasil Pilkades Serentak 2019, ini Beberapa Alasannya
surya.co.id/febrianto ramadani
Suasana rapat penyampaian tuntutan keberatan hasil pilkades yang disampaikan oleh Panitia pilkades di ruang Satya Bina Karya, Jumat (1/11/2019). 

SURYA.co.id | MOJOKERTO - Tujuh Desa di Kabupaten Mojokerto mengajukan keberatan hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2019 ke Pemkab Mojokerto, Jumat (1/11/2019).

Mereka mengajukan keberatan tersebut dengan berbagai dalih.

Tujuh desa tersebut Desa Medali, Kecamatan Puri; Desa Kebontunggul, Kecamatan Gondang; Desa Karang Kedawang, Kecamatan Sooko; Desa Purwojati, Kecamatan Ngoro; Desa Banyulegi, Kecamatan Dawarblandong; Desa Bangun, Kecamatan Pungging; dan Desa Pagerluyung, Kecamatan Gedeg.

Penyampaian keberatan tersebut disampaikan  panitia pilkades berdasarkan keluhan dari salah satu calon kepala desa.

Dalam agenda ini, dihadiri oleh Badan Pembangunan Desa, tokoh masyarakat dan aparat keamanan dari masing masing wilayah.

Kegiatan ini dilakukan oleh masing masing desa selama satu jam.

Aqib Ma'rufin, ketua panitia pilkades Desa Medali, mengatakan, pihaknya menyampaikan sejumlah keberatan yang diajukan oleh calon kepala desa nomor urut 02, Isnaini.

"Kami masih menunggu keputusan selanjutnya dari wakil bupati. Tuntutan dari calon kepala desa pada intinya mereka mengeluhkan jarak antara meja saksi dengan meja penghitungan yang berdekatan, sampai adanya intimidasi dari kelompok massa," terangnya usai mediasi, Jumat (1/11/2019).

Hal senada juga diungkapkan oleh Hartono, ketua panitia pilkades Kebontunggul, menurutnya, pihaknya sudah menjalankan pilkades sesuai dengan tata tertib.

"Tuntutan dari calon kepala desa Kebontunggul, Ngatimun, dengan nomor urut 2, adalah mengeluhkan surat suara yang tidak sah sebanyak 279," ujarnya, Jumat (1/11/2019).

Sampai saat ini, dilakukan penyampaian tuntutan oleh sejumlah panitia pilkades dari masing masing wilayah di Kabupaten Mojokerto.

Penulis: Febrianto Ramadani
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved