Berita Situbondo

20 Desa di Situbondo Belum Serahkan Verifikasi Data Kependudukan, Wabup Yoyok: Dibutuhkan Kemensos

Sebanyak 20 desa di Kabupaten belum menyerahkan hasil verifikasi validasi (verval) Data Tunggal Daerah-Analisis Kependudukan Partisipatif (DTD-AKP).

20 Desa di Situbondo Belum Serahkan Verifikasi Data Kependudukan, Wabup Yoyok: Dibutuhkan Kemensos
surya/izi hartono
Wabup Situbondo, Yoyok Mulyadi dan ketua tim PKK Ummi Kulsum saat menjadi juri Sinergitas Kecamatan di ruang rapat bupati Pemkab Situbondo. Sebanyak 20 desa di Situbondo diketahui belum serahkan hasil verifikasi data kependudukan. 

SURYA.co.id | SITUBONDO - Sebanyak 20 desa di Kabupaten belum menyerahkan hasil verifikasi validasi (verval) Data Tunggal Daerah-Analisis Kependudukan Partisipatif (DTD-AKP).

Akibat belum diserahkan hasil verifikasi DTD AKP tersebut, Wakil Bupati Situbondo H Yoyok Mukyadi mendesak 20 desa menyelesaikan dan menyerahkannya ke Pemkab Situbondo.

Menurut mantan Kadis Pu Bina Marga dan pengairan ini data tersebut akan disandingkan dengan data Kementerian Sosial, untuk menyingkronkan data kemiskinan, sehingga bantuan sosial pemerintah pusat tepat sasaran.

"Data ini dibutuhkan secepatnya oleh Kemensos," ujar Yoyok.

Yoyok mengemukakan, keterlambatan 20 desa menyetorkan hasil verval DTD-AKP, merupakan dampak dari pilkades serentak yang baru saja digelar pada 23 Oktober 2019.

"Petugas pendataan di lapangan konsentrasinya terpecah dengan adanya pilkades," terangnya.

Dalam waktu dekat, Yoyok akan mengumpulkan perangkat desa yang belum menyerahkan hasil verval DTD-AKP, agar pemerintah daerah mengetahui persis alasan keterlambatan laporan tersebut.

"Secepatnya akan saya kumpulkan," tandasnya.

Sedang Kepala Bappeda Situbondo, Haryadi Tejo Leksono mengaku, sudah ada 116 desa dan kelurahan yang menyetor hasil pendataannya.

Hingga saat ini, ada 20 desa/kelurahan yang belum menyetorkan ke Bappeda.

Halaman
123
Penulis: Izi Hartono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved