Berita Malang Raya

Smart SIM Sudah Mulai Berlaku di kota Malang

Polres Malang Kota mulai memberlakukan smart SIM. Bagi pengendara yang akan membuat SIM baru, mereka akan mendapatkan jenis SIM pintar ini.

Smart SIM Sudah Mulai Berlaku di kota Malang
surya.co.id/ahmad zaimul haq
Kanit Regident Satlantas Polrestabes Surabaya, AKP Sigit Indra menunjukkan Smart SIM yang sudah bisa didapatkan pemohon SIM yang mengurus di Satpas Colombo, Rabu (9/10/2019). 

SURYA.co.id | MALANG - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Malang Kota mulai memberlakukan smart SIM. Bagi pengendara yang akan membuat SIM baru, mereka akan mendapatkan jenis SIM pintar ini.

Kasat Lantas Polres Malang Kota, AKP Galang Ari Saputro mengatakan, pemberlakuan Smart SIM itu telah dimulai sejak awal bulan Oktober.

Proses untuk mendapatkan Smart SIM, sama dengan sebelumnya yakni lulus uji teori dan praktik (test drive).

“Sama saja ya kalau prosesnya. Pengemudi juga harus melampirkan surat kesehatan,” tutur Galang, Rabu (30/10/2019).

Ia menambahkan pencetakan Smart SIM saat ini masih terbatas pada pengajuan dan perpanjangan. Pengendara yang ingin menukarkan SIM lama dengan Smart SIM, diminta menunggu hingga masa perpanjangan datang.

“Jadi kami masih batasi dulu kepada pengajuan dan perpanjangan. Untuk yang mau ganti kami minta menunggu sampai masa perpanjangan,” ucapnya.

Galang mengatakan biaya untuk pengurusan Smart SIM masih mengacu pada PP No. 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia, biaya membuat SIM dibagi beberapa jenis.

Dalam aturan itu, pembuatan SIM A sebesar Rp 120.000, SIM C tarifnya Rp 100.000, SIM B1 seharga Rp 120.000. Kemudian perpanjang SIM A Rp 80.000, SIM C Rp 75.000 dan SIM B1 Rp 80.000.

“Masih sama kok (biayanya),” tutup dia.

Sebagai informasi, Korlantas Mabes Polri resmi meluncurkan Smart SIM pada 22 September lalu.

Smart SIM ini disebut memiliki sejumlah keunggulan, di antaranya dapat digunakan sebagai alat pembayaran dengan jumlah saldo maksimal sebesar Rp2 juta di dalam kartu. Selain itu, SIM jenis baru ini juga dapat merekam tindak pelanggaran lalu lintas yang pernah dilakukan.

Januari 2020, Semua Kendaraan Wajib Uji di Surabaya Harus Punya Smartcard

Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved