Berita Kediri

Kemenhub Gelar Pentas Edukasi Transportasi 2019 di SMAN 1 Kota Kediri, Ini Tujuannya

Kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di Indonesia menjadi penyebab kematian nomor 2 setelah penyakit stroke

Kemenhub Gelar Pentas Edukasi Transportasi 2019 di SMAN 1 Kota Kediri, Ini Tujuannya
surya/didik mashudi
Siswa SMAN 1 Kota Kediri mencoba mengenakan helm baru pada acara Pentas Edukasi Transportasi 2019 di Aula SMAN 1 Kota Kediri, Rabu (30/10/2019). 

SURYA.co.id | KEDIRI - Kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di Indonesia menjadi penyebab kematian nomor 2 setelah penyakit stroke, yakni sebesar 29.083 di tahun 2018. Sebagian besar korban lakalantas melibatkan usia 15-64 tahun sebanyak 80 persen.

“Di Indonesia setiap 1 jam ada 3 sampai 4 orang yang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas," ungkap Budi Setiyadi, Direktur Jendral Perhubungan Darat pada Pentas Edukasi Transportasi 2019 di Aula SMA Negeri 1 Kota Kediri, Rabu (30/10/2019).

Dijelaskan, tingginya angka kecelakaan yang melibatkan pelajar merupakan penyumbang angka kecelakaan tertinggi dibandingkan dengan tingkat pendidikan lainnya, yakni sebesar 93.076 orang per tahun.

Budi Setiyadi mengimbau kepada pelajar agar selalu tertib berlalu lintas seperti tidak berboncengan tiga, menggunakan helm dan tidak melanggar rambu lalu lintas.

Bila belum cukup umur jangan berkendara, dilarang menerobos palang pintu kereta api serta tidak main HP saat sedang berkendara.

Dikatakan, akibatnya berbahaya bila tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas karena dapat menyebabkan kecelakaan.

Sementara Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub, Hengki Angkasawan, menyampaikan pentas edukasi bertujuannya untuk menumbuhkan kesadaran dan pemahaman pentingnya keselamatan bertransportasi.

Kemenhub bertugas untuk membantu penyelenggaraan tugas pemerintahan di bidang transportasi.

Selain itu mendorong dan menunjang segala aspek kehidupan baik dalam pembangunan politik, ekonomi, sosial, budaya maupun pertahanan keamanan.

"Salah satu fokus Kemenhub, adalah meningkatkan keselamatan bertransportasi. Prioritas untuk mengutamakan keselamatan dan memberikan pelayanan yang terbaik dalam pemberian jasa transportasi kepada masyarakat merupakan hal yang mutlak harus dilakukan,” ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Didik Mashudi
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved