Berita Ponorogo

Banyak Pelajar di Ponorogo Kena Tilang Polisi, Pelanggaran Terbesar karena Tidak Memiliki SIM

Satlantas Polres Ponorogo sudah mengeluarkan 1538 Surat Tilang, serta 765 teguran selama sepekan menggelar tilang menjalankan operasi zebra Semeru.

Banyak Pelajar di Ponorogo Kena Tilang Polisi, Pelanggaran Terbesar karena Tidak Memiliki SIM
Dok Humas Polres Ponorogo
Kasatlantas Polres Ponorogo, AKP Bambang Prakoso 

SURYA.co.id - Satlantas Polres Ponorogo sudah mengeluarkan 1538 Surat Tilang, serta 765 teguran selama sepekan menggelar tilang menjalankan operasi zebra Semeru.

"Total ada 2294 perkara. Baik itu yang kami tilang atau hanya kami tegur," kata Kasatlantas Polres Ponorogo,  AKP Bambang Prakoso,  Rabu (30/10/2019).

Bambang menyebut pelanggar kebanyakan adalah pelajar dan mahasiswa. Katanya, dari 538 yang ditilang, 1024 di antaranya adalah pelajar atau mahasiswa.

"Sisanya ada sopir sebanyak 11 orang. Dan pekerjaan lain misal ibu rumah tangga sebanyak 64 orang," jelas lulusan AKPOL 2007 ini.

Menurutnya, dari 1024 pelajar atau mahasiswa yang kena tilang itu, 948 yang di bawah umur dan otomatis tidak punya SIM.

23 orang tidak menggunakan helm SNI, melawan arus ada 20 orang. Menggunakan handphone saat berkendaraan ada 1 orang.

"Lampu tidak standart 1 orang. Tidak membawa surat lengkap 205 orang. Dan lain-lain 295 orang," jelasnya.

Sementara, untuk pelanggar yang roda empat, jenis pelanggaran 45 orang karena sabuk pengaman. "Kalau mobil  jenis pelanggarannya karena sabuk," urainya.

Di sisi lain, kata dia, barang bukti yang disita berupa SIM, STNK dan kendaraan, dengan rincian 76 SIM, 1427 STNK dan 35 kendaraan.

Dia menjelaskan bahwa anak dibawah umur saat ini menjadi atensi khusus sehingga operasi Zebra Semeru memang diatensikan khusus untuk para pelajar di bawah umur yang nekat berkendaraan.

Halaman
123
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved