Berita Banyuwangi

Anas Boyong Kades Tiru Pengelolaan Sampah Karya Desa di Muncar Binaan NGO Dunia

Selain mengajak warga menghentikan kebiasaan buruk membuang sampah di laut, mereka mendampingi warga mengelola persampahan

Anas Boyong Kades Tiru Pengelolaan Sampah Karya Desa di Muncar Binaan NGO Dunia
surya.co.id/haorrahman
Pengelolaan sampah di Desa Tembokrejo Kabupaten Banyuwangi. 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Pemkab Banyuwangi memfokuskan penanganan sampah mulai dari lini desa, dengan contoh yang dilakukan oleh Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar, Banyuwangi.

Desa tersebut sukses melakukan penanganan sampah lewat BumDes.

Di desa itu, 8.900 rumah tangga yang dulunya suka membuang sampah di laut, kini justru mengolahnya di tempat pengolahan sampah terpadu (TPST).

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas pun mengajak puluhan kepala desa dan lurah dari enam kecamatan untuk melihat langsung pengelolaan sampah di Desa Tembokrejo.

"Selasa lalu (29 Oktober) saya mengajak puluhan kepala desa dan lurah untuk melihat langsung bagaimana proses pengolahan sampah di TPST Tembokrejo, Muncar. Mulai pemilahan, pengemasan hingga pemanfaatan sampah yang bernilai ekonomis," kata Anas, Rabu (30/10/2019).

Anas sengaja mengajak mereka agar bisa mencontoh manajemen pengelolaan sampah di Desa Tembokrejo, Muncar, yang telah sukses.

Tidak hanya menciptakan kebersihan wilayah tapi juga mampu mengubah perilaku warga ikut peduli pada masalah sampah.

“Dulu di sini paling ruwet masalah sampah, masyarakatnya masih banyak yang membuang sampah ke sungai bahkan laut. Namun, kerja keras dari aparat desa bersama Systemiq, kini perilaku warga mulai berubah drastis. Kesadaran peduli sampah tumbuh pesat,” kata dia.

Perubahan tersebut tidak lepas dari peran aktif mantan kepala desa Tembokrejo, Sumarto bersama lembaga Systemiq.

Mereka menggeber program STOP (Stopping The Tap On Ocean Plastic).

Halaman
123
Penulis: Haorrahman
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved