Advertorial

Pemkab Polewali Mandar Belajar PHBS di Desa Sambogunung Gresik

Pemkab Polewali Mandar melakukan studi banding terkait keberhasilan Pemkab Gresik menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Pemkab Polewali Mandar Belajar PHBS di Desa Sambogunung Gresik
istimewa
Bupati Sambari menerima cinderamata dari Wakil Bupati Wakil Bupati Polewali Mandar Mohammad Natsir Rahmad di ruang Graita Eka Praja, Kantor Bupati Gresik, Selasa (29/10/2019). 

SURYA.co.id | GRESIK - Kabupaten Gresik kembali menjadi rujukan. Kali ini rombongan Pemkab Polewali Mandar melakukan studi banding terkait keberhasilan Pemkab Gresik menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Rombongan tamu dari salah satu wilayah di Provinsi Sulawesi Barat itu dipimpin oleh Wakil Bupati Polewali Mandar, Mohammad Natsir Rahmad, untuk mengunjungi langsung Desa Sambogunung, Dukun Gresik Jawa Timur. Rombongan Pemkab Polewali Mandar diterima langsung oleh Bupati Gresik Sambari Halim Radianto di ruang Graita Eka Praja, Kantor Bupati Gresik pada Selasa, (29/10/2019).

Tampak dalam rombongan dari Pemkab Polewalimandar tersebut yaitu Ketua Tim Penggerak (TP) PKK yang juga istri Bupati, Kepala Dinas Kesehatan, dan beberapa Asisten dari Kabupaten Polewali Mandar.

Sedangkan Bupati Gresik didampingi oleh Istrinya Maria Ulfa selaku Ketua TP PKK Kabupaten Gresik, Kepala Inspektorat Edy Hadisiwoyo dan Kepala Dinas Kesehatan Saifudin Ghozali serta beberapa Kepala Bidang dari Dinas Kesehatan Gresik.

Menurut Wabup Polewali Mandar, kedatangannya bersama seluruh rombongan ini bertujuan untuk belajar tentang PHBS di Desa Sambogunung.

“Kami akan belajar disini untuk peningkatan pengetahuan, agar kami bisa menerapkan hal yang baik disini ke daerah kami di Polewali Mandar. Tolong saya dikasih ilmunya terkait penerapan PHBS. Bagaimana Pemkab Gresik ini menerapkan program-program PHBS sehingga berhasil meraih prestasi Nasional,” kata Mohammad Natsir Rahmad.

Atas keinginan Wabup Polewali Mandar, Bupati Gresik menanggapi bahwa mungkin kunjungan Pemkab Polewali Mandar tersebut hanya ingin sekedar membandingkan.

“Saya yakin Pemkab Polewali Mandar sudah melaksanakan seluruh program PHBS di wilayahnya. Untuk di Kabupaten Gresik, program PHBS berjalan seiring program kami dalam memerangi stunting. Semuanya harus serasi seimbang dan klop” tukas Sambari.

Ada 10 indikator yang harus dilaksanakan dalam program PHBS ini, yaitu Persalinan harus ditolong oleh tenaga kesehatan, Memberi ASI ekslusif, Menimbang balita setiap bulan, Menggunakan air bersih, Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, Menggunakan jamban sehat, Memberantas jentik di setiap rumah seminggu sekali, Makan buah dan sayur setiap hari, Melakukan aktifitas fisik setiap hari dan tidak merokok di dalam rumah.

Setelah menerima penjelasan dari Bupati dan Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Gresik, rombongan Pemkab Polewali Mandar langsung turun ke lapangan didesa Sambogunung Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik.

Perlu diketahui bahwa Desa Sambogunung Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik pernah meraih juara I Nasional lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan predikat tertinggi yaitu Prakarti Utama I.

Penghargaan ini diterima saat puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) XXIV Tahun 2017 di Bandar Lampung.

Beberapa Pemkab yang pernah mengunjungi Desa sambogunung untuk belajar PBHS yaitu Kabupaten Jombang, Kabupaten Marangin, Provinsi Jambi.

Penulis: Willy Abraham
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved