Berita Kediri

PCNU Kabupaten Kediri Bantah telah Dukung Salah Satu Kadernya dalam Pilbup 2020

"Jadi pada prinsipnya belum ada keputusan dari PCNU untuk memberikan dukungan kepada salah satu calon tersebut," imbuh KH. Maksum.

PCNU Kabupaten Kediri Bantah telah Dukung Salah Satu Kadernya dalam Pilbup 2020
antaranews.com
Logo NU. PCNU Kabupaten Kediri membantah telah mendukung salah satu kadernya dalam Pilbup 2020. 

SURYA.co.id | KEDIRI - Akhir-akhir ini muncul opini di masyarakat seolah-olah  NU telah memberikan dukungan terhadap H. Masykuri  dalam kontestasi politik Pilbup Kediri 2020.

Terhadap opini yang terbangun tersebut, PCNU memberikan klarifikasinya.

"Itu tidak benar, dari PCNU Kabupaten Kediri belum ada rekom sama sekali. Karena calon-calon yang maju dari kader NU juga ada yang lain, seperti Pak Mujahid,  misalnya, beliau juga merupakan pengurus PCNU sebagai Wakil Ketua Bidang Dakwah," kata Wakil Ketua Tanfidiyah PCNU Kabupaten Kediri, KH. Maksum.

"Jadi pada prinsipnya belum ada keputusan dari PCNU untuk memberikan dukungan kepada salah satu calon tersebut," imbuhnya. 

Diakui KH. Maksum, apabila audiensi yang dilakukan oleh PCNU sebatas audiensi biasa saja.

Sehingga, salah besar apabila ada opini yang berkembang apabila PCNU Kabupaten Kediri telah mendukung salah satu bakal calon Bupati Kediri.

"Kami memang sudah pernah melaksanakan audiensi dengan salah satu kader. Tetapi baru sebatas audiensi atau bolehlah di katakan silaturrahim saja. Bahasa kita pamit sekaligus menyampaikan visi - misi dan paparan yang lain," lanjut KH Maksum. 

Disinggung terkait dukungan PCNU kepada kadernya, KH. Maksum mengaku PCNU memiliki mekanisme dan kriteria tersendiri.

Salah satu kriteria paling utama adalah komitmen terhadap organisasi Islam terbesar di Indonesia ini. 

"Mekanisme dukungan, ada ukurannya. NU akan memberikan penilaian, mana calon yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Bahkan mana yang lebih menonjol dari kriteria tersebut, utamanya adalah komitmen terhadap NU," tegasnya.

Masih kata KH. Maksum, komitmen yang dimaksud adalah bagaimana calon dari kader tersebut terhadap kemajuan NU. Dirinya mengistilahkan dengan 'ngopeni' NU dengan baik. 

"Menurut saya pribadi, pemilihan calon yang didukung akan dikembalikan kepada Rois Syuriah dan Ketua Tanfidiyah yang memiliki otoritas penuh dalam PCNU, " tandasnya.

"Keputusan yang diambil oleh Rois Syuriah dan Ketua Tanfidiyah tersebut juga akan mendapat dukungan penuh dari seluruh pengurus. Namun, sekali lagi, selama ini PCNU belum menjatuhkan pilihan kepada siapapun," tegas KH. Maksum.

Penulis: Adrianus Adhi
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved