Berita Malang Raya

Duh, Banyak Ortu Tak Pakaikan Helm ke Anaknya Saat Berboncengan Motor

Dony mengimbau masyarakat menerapkan prinsip keselamatan lalu lintas. Apabila sedang berkendara dengan anak-anak, helm juga wajib dikenakan.

Duh, Banyak Ortu Tak Pakaikan Helm ke Anaknya Saat Berboncengan Motor
RORRY NURMAWATI
ilustrasi 

SURYA.co.id | MALANG - Sejumlah pengendara roda dua terciduk dalam Operasi Zebra yang digelar Polres Malang Kota di pertigaan PLN Kayutangan. Mayoritas pengendara yang terjaring razia adalah orang tua yang anaknya tak memakai helm.

Seorang pengendara motor bernama Gunawan, mengatakan tidak memakaikan helm untuk putrinya lantaran si buah hati masih kecil. Meskipun sebetulnya, ia tahu bahwa tindakannya itu membahayakan.

"Mulai saat ini saya berjanji akan memakaikan putri saya helm," ujar Gunawan, Selasa (29/10/2019).

Pengendara lain, Sutikno beralasan dirinya lupa membawa helm untuk sang buah hati. Kala terjaring razia, Sutikno sedang berkendara bersama istri dan dua anaknya.

"Biasanya pakai. Ini lupa tadi karena buru-buru," ucap dia.

Melihat hal itu, Polres Malang Kota membagikan helm secara gratis. Selain itu, para pengendara juga diberi bunga serta cokelat.

"Kami tidak melakukan tilang tapi kami lebih pada edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya safety riding, memakai helm saat di jalan raya," tutur Dony.

Ia mengatakan ada 25 buah helm yang dibagikan. Secara bergantian, Dony bersama jajaran Satlantas Polres Malang Kota mencegah pengendara yang kedapatan naik motor tanpa menggunakan helm.

Hingga saat ini, Dony menyebut ada 1.600 kendaraan yang terjaring dalam Operasi Zebra.

"Saat ini sudah 1.600 kendaraan roda dua terjaring dan beberapa juga kendaraan roda empat," kata dia.

Dony mengimbau masyarakat menerapkan prinsip keselamatan lalu lintas. Apabila sedang berkendara dengan anak-anak, helm juga wajib dikenakan.

"Siapapun lah, mau anak-anak atau orang tua itu wajib. Ini demi keselamatan kita bersama," tutupnya.

Tags
helm
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved