BMKG Prediksi Hujan Lebat hingga Petir di Beberapa Wilayah Indonesia, Berikut Daftar Daerahnya

Hujan lebat disertai angin dan petir diprediksi berlangsung dalam 3 hari, mulai 28 hinggal 30 oktober 2019.

BMKG Prediksi Hujan Lebat hingga Petir di Beberapa Wilayah Indonesia, Berikut Daftar Daerahnya
Foto: istimewa
Ilustrasi cuaca panas. 

SURYA.co.id - Setelah musim panas melanda wilayah Indonesia, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) kini prediksi potensi hujan lebat hingga petir di beberapa wilayah Indonesia.

Hujan lebat disertai angin dan petir diprediksi berlangsung dalam 3 hari, mulai 28 hinggal 30 oktober 2019.

Melansir Kompas.com berjudul " BMKG: Waspada Hujan Lebat hingga Petir di Beberapa Wilayah Indonesia", Terdapat Pusat Tekanan Rendah (Low) di Filipina bagian Selatan (1008 mb) dan sirkulasi siklonik di Laut China Selatan (925/700mb).

Konvergensi memanjang dari Sumatera Utara hingga Kepulauan Riau dan Kalimantan Utara.

Daerah belokan angin terdapat di Sumatera, Laut Natuna, Selat Karimata, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

Pada (28/10) kemarin, wilayah yang berpotensi hujan lebat ialah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kep. Riau, Bengkulu, Jambi, Banten, Kalimantan Utara, dan Sulawesi Tengah.

Sementara hari ini (29/10) wilayah yang berpotensi hujan lebat yaitu Riau, Kepulauan Riau, dan Kalimantan Utara.

Sedangkan untuk besok (30/10), wilayah yang berpotensi hujan lebat yaitu Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Utara.

Pada hari ini (29/10/2019), wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angina kencang atau petir adalah Aceh, Sumatera Barat, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Papua.

Sementara untuk untuk besok (30/10) wilayah yang masih berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat/petir adalah Aceh, Kep. Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, dam Papua.

BMKG terus memberikan informasi peringatan dini kepada masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat tersebut.

Pihak BMKG juga mengimbau warga agar selalu berhati-hati ketika sedang beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan.

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Iksan Fauzi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved