Sambang Kampung

Sambang Kampung Lawang Seketeng, Pemkot Surabaya akan Garap Wisata Heritage

Kampung Lawang Seketeng Surabaya memiliki banyak spot bersejarah dan bernilai heritage

Sambang Kampung Lawang Seketeng, Pemkot Surabaya akan Garap Wisata Heritage
surya/fatimatuz zahro
Mbah Marki (kanan) menunjukkan batu keramat di Makam Syekh Al Habib Zaini Assegaf sesepuh Sunan Ampel yang ada di rumahnya di Kampung Lawang Seketeng Surabaya, Rabu (23/10/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kampung Lawang Seketeng Surabaya memiliki banyak spot bersejarah dan bernilai heritage. Kampung ini menyimpan sejarah perjuangan melawan penjajah dan juga sejarah religi.

Pemkot Surabaya sedang menyiapkan peluncuran wisata Kampung seketeng. Sejumlah penataan dilakukan demi menyiapkan wisata kampung lawas yang menyimpan banyan nilai bersejarah.

Salah satu yang akan dilakukan penataan adalah makam bersejarah yang kini ada di dalam rumah warga, yakni Makam Syekh Al Habib Zaini Assegaf. Makam yang berada di rumah M Marki (59) di Lawang Seketeng Gang 1 tersebut hingga kini masih cukup ramai didatangi para peziarah.

"Ini adalah Makam Syekh Al habib Zaini Assegaf. Beliau adalah sesepuhnya Sunan ampel. Di depan rumah ini ada pintu yang nyambung ke Sunan Ampel, makanya kampung ini namanya Lawang Seketeng," kata M Marki, pemilik rumah yang di dalamnya terdapat makam bersejarah tersebut.

Ia menjelaskan meski di dalam rumahnya terdapat makam bersejarah, hal itu tak membuatnya dan keluarga merasa tidak nyaman.

Sebaliknya, mereka justru rajin merawat makam yang ada di bagian paling belakang rumahnya.

Rumah tersebut berukuran sekitar 15 meter persegi, sedangkan makam bersejarah tersebut ada di bagian paling pojok dan ditutup dengan buffet dan kain selambu.

"Kalau makamnya sudah berdiri lama, tapi kalau rumahnya berdiri sekitar tahun 1960-an," kata Marki, Rabu (23/10/2019).

Rumah ini sudah dilakukan peninjauan oleh Pemkot Surabaya bersama Kepala Bappeko Surabaya Eri Cahyadi pekan lalu.

Pemkot akan segera melakukan penataan agar wisatawan dan peziarah merasa nyaman saat berkunjung ke makam syekh tersebut.

Halaman
123
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved