Breaking News:

Pendaftaran CPNS Jatim Dilakukan Serentak 11 November 2019. Tersedia 1.817 Formasi

"Iya, semua bareng, serentak di tanggal 11 November 2019 untuk pendaftaran CPNS-nya, sama seperti pusat," kata Anom pada Surya

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Eben Haezer Panca
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Suasana tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 di Sport Jabar Arcamanik, Jalan Pacuan Kuda, Kota Bandung, Jumat (26/10/2018). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur, Anom Surahno menegaskan bahwa pendaftaran CPNS di lingkungan Pemprov Jawa Timur dan di lingkungan pemda se Jawa Timur dilakukan serentak tanggal 11 November 2019.

Jadwal itu berbarengan bersama jadwal pendaftaran CPNS di pemerintah pusat.

Anom menegaskan bahwa sistem pendaftaran dan mekanisme CPNS semua dilakukan online melalui satu website di https://sscasn.bkn.go.id/.

"Iya, semua bareng, serentak di tanggal 11 November 2019 untuk pendaftaran CPNS-nya, sama seperti pusat," kata Anom pada Surya, Senin (28/10/2019).

Untuk seleksi CPNS tahun ini Pemprov Jawa Timur membuka 1.817 formasi lowongan yang bisa dilamar oleh masyarakat. Lowongan formasi itu tersebar di 64 OPD di lingkungan Pemprov.

Hingga saat ini detail formasi yang dibuka belum diumumkan. Menurut Anom pengumuman detail formasinya juga serentak dengan pemerintah pusat oleh KemenPAN.

Namun ia memastikan pengumuman detail formasinya seperti jumlah yang dibutuhkan di OPD tertentu, akan sudah diumumkan sebelum tanggal 11 November 2019 saat pendaftaran dimulai.

Sebanyak 1.817 formasi yang dibuka dalam CPNS kali ini merupakan jumlah yang disetujui pemerintah pusat. Padahal yang dibutuhkan pemprov jawa timur ada sebanyak 2.165 ASN yang pensiun tahun ini.

Tapi lantaran sistem yang dianut adalah zero growth maka Pemprov menerima saja angka formasi yang disetujui oleh pemerintah pusag tersebut.

"Tanggal 1 - 2 November 2019 nanti kita akan melakukan rapat persiapan bersama seluruh BKD se Jawa Timur. Di sana kita akan diberi pengarahan dan persiapan jelang pendaftaran serentak," katanya.

Sesuai jadwal, dengan pelaksanaan pendaftaran dilakukan pendaftaran maka di bulan Desember mendatang akan sudah dilakukan seleksi administasi. Sedangkan pelaksanaan tes CPNS dilakukan sekitar bulan Februari.

Terkait pendaftaran online, Anom mengimbau agar masyarakat yang berminat mengikuti tes CPNS agar tidak percaya dengan oknum yang menjanjikan akan diterima dan meminta sejunlah uang.

"Tidak ada manual, semuanya pakai online. Jadi jangan percaya kalau ada yang menjamin menjamin akan lolos, akan masuk. Semua sistem by online," pungkas Anom.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved