Breaking News:

Sibgle Focus

Pemasangan CCTV di Jalan Kalianak Surabaya Disebut Belum Mendesak

Namun sepengetahuan kami, Jalan Kalianak belum mendesak dipasangi CCTV," ucap Kapala Satuan Kerja BBPJN Wilayah Surabaya Gresik, Purnyoto.

Penulis: Nuraini Faiq | Editor: Parmin
surya/fatkhul alamy
Foto ilustrasi: Petugas mengevakuasi korban setelah terjatuh dan jadi korban penjamberetan di Jl Kalianak, Surabaya, Senin (26/2/2018). 

JALAN Kalianak yang relatif ramai setiap saat belum mendesak untuk dilengkapi fasilitas pendukung pengamanan.

Mengingat jalan ini, selama ini cukup aman. Meski belakangan ini, mulai muncul fenomena begal dan kejahatan jalanan di jalan nasional itu.

"Kami belum mengecek secara utuh situasi di luar konstruksi jalan. Namun sepengetahuan kami, Jalan Kalianak belum mendesak dipasangi CCTV," ucap Kapala Satuan Kerja (Satker) Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah Surabaya Gresik, Purnyoto, Minggu (27/10).

Sebenarnya, ia menegaskan, urusan fasilitas pendukung, seperti CCTV bukan wewenang BBPJN.

Fasilitas kamera pengintai ini salah satu pendukung sistem keamanan dan pengamanan di jalan. BBPJN fokus mengurusi kontruksi jalan.

Meski demikian, jika kondisi saat ini memang mendesak untuk ditambah fasilitas kamera, Purnyoto menyerahkan kepada pihak terkait.

Pihaknya siap diajak koordinasi dalam penambahan fasilitas penunjang keamanan.

Menurutnya, pemasangan CCTV adalah kewenangan pemerintah di bidang lalu lintas jalan. Sifatnya juga fleksibel dan mestinya tidak kaku dalam menambah fasilitas pendukung sistem pengamanan di jalan raya itu.

"Yang masang CCTV bisa Dishub Kota Surabaya, bisa pula Dishub Provinsi Jatim. Siapa saja boleh. Bahkan, juga bisa Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) XI Jatim," terang Purnyoto.

Namun kadang muncul egosentris masing-masing. Karena beralasan bukan wewenangnya, Pemkot Surabaya bisa saja enggan memasang fasilitas pendukung di Jl Kalianak.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved