Berita Banyuwangi

Pemadaman Kebakaran Pegunungan Ijen di Kabupaten Banyuwangi Mulai Pakai Helikopter

Helikopter dari BNPB itu akan melakukan water bombing alias pengeboman air di kawasan yang masih terbakar.

Pemadaman Kebakaran Pegunungan Ijen di Kabupaten Banyuwangi Mulai Pakai Helikopter
Humas Pemkab Banyuwangi
Helikopter yang disiapkan untuk melakukan water bombing di kawasan Pegunungan Ijen yang terbakar, Minggu (27/10/2019). 

SURYA.co.id | BANYUWANGI - Helikopter pemadam mulai beroperasi di kawasan Pegunungan Ijen, Banyuwangi, Minggu (27/10/2019).

Helikopter dari BNPB itu akan melakukan water bombing alias pengeboman air di kawasan yang masih terbakar.

Menyusul dikirimkannya surat permohonan bantuan armada udara yang dilayangkan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, terkait pemadaman kebakaran hutan lewat pengeboman air, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengirimkan satu helikopter pemadam.

Pemadaman lewat udara menjadi satu-satunya cara efektif untuk memadamkan api karena sulitnya medan.

"Minggu pagi helikopter telah beroperasi melakukan pemadaman. Terima kasih atas respons dari BNPB serta Pemprov Jatim, Gubernur Ibu Khofifah, yang turut membantu pengiriman armada udara untuk menagatasi kebakaran pegunungan Ijen," kata Anas.

Anas telah menetapkan Status Tanggap Darurat penanganan bencana kebakaran hutan dan lahan untuk kawasan Pegunungan Ijen, mulai 22 - 28 Oktober 2019.

Seiring dengan penerbitan status tersebut, Pemprov Jatim juga melakukan penetapan Status Tanggap Darurat untuk kawasan tersebut pula per tanggal yang sama.

"Operasi ini mengacu pada status dan masa tanggap darurat dari Pemprov Jatim karena yang mengendalikan pihak Pemprov Jatim. Masa tanggap darurat yang ditetapkan provinsi sendiri mengacu pada penetapan kabupaten," jelas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Fajar Suasana.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Eka Muharram menjelaskan bahwa pada hari pertama ini, Minggu (27/10/2019), helikopter melakukan dua kali operasi.

Operasi etape pertama dimulai sekitar pukul 07.30 hingga pukul 10.20.

Halaman
12
Penulis: Haorrahman
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved