Karena Bukan Santri, Menag Fachrul Razi Tak Diundang ke Santri Culture Night Carnival

"Untuk Menteri Agama saya belum pernah tahu beliau pakai sarung jadi karena nanti khawatir tidak nyampe undangan nya. Jadi belum (diundang) dulu lah,"

Karena Bukan Santri, Menag Fachrul Razi Tak Diundang ke Santri Culture Night Carnival
tribun jatim/luhur pambudi
Sambutan Wapres Maruf Amin dalam Santri Culture Night Carnival di Surabaya 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

SURYA.co.id | SURABAYA - Sejumlah pejabat tinggi negara hadir dalam gelaran Santri Culture Night Carnival (SCNC) yang diselenggarakan di Kantor PWNU Jatim, Jalan Masjid Al Akbar Surabaya, Minggu (27/10/2019).

Beberapa pejabat yang hadir adalah Wakil Presiden, Ma'ruf Amin; Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa; Menteri Tenaga Kerja, Ida Fauziah; Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto; serta Wamenag, Zainud Tauhid.

Sedangkan dari Nahdlatul Ulama (NU), hadir pula Rais Syuriah PWNU Jatim, KH Anwar Mansur; serta Rais Tanfidziah PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar.

Dalam laporannya, Ketua Panitia SCNC, KH Abdussalam Sokhib mengucapkan terimakasih kepada para pejabat yang hadir.

Namun ia sempat salah sebut saat menyambut kedatangan Wamenag, Zainud Tauhid.

"Yang kami hormati para menteri kabinet Indonesia maju, yang alhamdulillah pada malam hari ini hadir bapak mendag, ibu menteri  tenaga kerja, bapak menteri agama, mohon maaf bapak wakil menteri agama. Saking cintanya kita pada menteri agama, alhamdulillah berkah beliau acara kita menjadi liputan nasional," ucap Gus Salam, sapaan akrab KH Abdussalam Sokhib.

Beberapa hari sebelumnya, dalam konferensi pers memang menjelaskan bahwa Menteri Agama, Fachrul Razi tidak diundang dalam SCNC karena dianggap bukan kader NU dan bukan santri.

"Karena ini hari santri yang kita undang adalah kader-kader santri dari berbagai tempat karena wapresnya santri, kita undang , jadi KH Maruf Amin diundang ini bukan karena jabatan wapresnya saja tapi karena beliau santri. Gubernur Jatim (Khofifah Indar Parawansa) kita undang karena beliau Santri, kepala daerah dari Jawa Timur yang kader santri juga kita undang," ujar Wakil Ketua Tanfidziyah PWNU Jawa Timur, KH Abdusalam Sokhib (Gus Salam), Kamis (24/10/2019).

Sedangkan untuk Menteri Agama, Fachrul Razi, Gus Salam belum bisa memastikan apakah akan diundang atau tidak ke SCNC.

"Untuk Menteri Agama saya belum pernah tahu beliau pakai sarung jadi karena nanti khawatir tidak nyampe undangan nya. Jadi belum (diundang) dulu lah," ucap Gus Salam.

Gus Salam juga menegaskan bahwa Menag bukanlah kader NU.

"Selama ini kita belum tahu ya, tapi kalau kader jelas bukan, definisi kader itu kan yang pernah aktif di organisasi Nahdlatul Ulama baik di tingkat ranting ataupun desa sampai di tingkat pusat apakah itu ansor atau ippnu atau yang lain," lanjutnya.

Ketika tidak mempunyai kualifikasi tersebut, Gus Salam mengatakan seseorang belum bisa dikatakan kader NU.

"Tapi kalau mengaku warga ya monggo karena tidak ada yang bisa melarang menjadi warga NU," pungkasnya.

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved