Berita Surabaya

Blusukan ke Acara CFD, BPK Jatim Ajak Masyarakat Ikut Lakukan Pengawasan Anggaran Negara

Acara ini diisi dengan berbagai kegiatan interaktif, mulai dari senam bersama, permainan edukatif, dan kemudian ditutup dengan penyebaran kuesioner

Blusukan ke Acara CFD, BPK Jatim Ajak Masyarakat Ikut Lakukan Pengawasan Anggaran Negara
ist
Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Timur menggelar acara bertajuk ”BPK Jatim Goes to CFD” yang dipusatkan di Taman Bungkul, Surabaya, Minggu (17/10/2019) 

SURYA.co.id, SURABAYA - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Timur mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam melakukan pengawasan anggaran. Untuk mengintensifkan hal tersebut, BPK Kanwil memberikan sosialiasasi organisasi  yang menyasar masyarakat umum.

Satu di antara kegiatannya adalah dengan menggelar acara bertajuk ”BPK Jatim Goes to CFD” yang dipusatkan di Taman Bungkul, Surabaya, Minggu (27/10/2019).

Acara ini diisi dengan berbagai kegiatan interaktif, mulai dari senam bersama, permainan edukatif, dan kemudian ditutup dengan penyebaran kuesioner untuk mengetahui pengetahuan masyarakat tentang BPK.

Acara ini dihadiri oleh Harry Purwaka, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jawa Timur. Acara ini dilatarbelakangi keberadaan BPK sebagai lembaga pemeriksa keuangan negara. Di dalam menjalankan tugasnya tersebut, BPK memerlukan dorongan dan partisipasi publik.

”Acara ini bertujuan agar masyarakat menjadi tahu tentang BPK. Termasuk tentang perwakilan BPK yang ada di Jawa Timur. Harapannya, masyarakat akan lebih tahu tentang apa yang bisa didapatkan dari BPK,” terang Harry Purwaka diikutip dari keterangan tertulis yang diterima Surya.co.id, Minggu (27/10/2019).

Oleh karena itu, acara ini lantas berada di pusat keramaian. Acara ini pun lantas mendapat antusias masyarakat.

Dikutip dari laman BPK Perwakilan Jatim, lembaga ini bertugas memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Lembaga Negara Lainnya. Termasuk, Bank Indonesia, BUMN, BLU, BUMD, dan lembaga/badan lain yang mengelola keuangan negara.

Sementara, beberapa fungsi BPK perwakilan Jatim di antaranya adalah menyusun bahan penjelasan kepada Pemerintah Daerah dan DPRD. Serta, menyiapkan hasil pemeriksaan yang berindikasi tindak pidana dan/atau kerugian daerah.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Eben Haezer Panca
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved