Berita Jember

Jember Dragon Boat Festival Dongkrak Sektor Pariwisata Bahari dan Olahraga

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember untuk pertama kalinya menggelar "Jember Dragon Boat Festival"

SURYA.co.id | JEMBER - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember untuk pertama kalinya menggelar "Jember Dragon Boat Festival". Festival perahu dayung naga ini digelar di Pantai Payangan, Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Jember, selama dua hari mulai Sabtu (26/10/2019) hingga Minggu (27/10/2019).

Festival tersebut ini dimeriahkan dengan balapan perahu dayung naga (traditional boat race), balapan perahu karet dayung, juga lomba bakar ikan dan lomba mewarnai untuk anak-anak.

Balapan perahu dayung dan karet diikuti oleh 58 tim dari sejumlah kota di Indonesia.

Balapan perahu dayung naga disebut sebagai ajang kejuaraan nasional karena diikuti oleh tim dari kota lebih dari dua provinsi di luar Jawa Timur.

Peserta lomba balapan perahu dayung itu antara lain berasal dari Cilacap (Jateng), Purwakarta (Jabar), DKI Jakarta, Sidoarjo, Pasuruan, Surabaya juga dari Jember.

Lomba perahu dayung terbagi dalam dua kategori yakni kategori 500 meter untuk umum dan 250 meter untuk pelajar.

Sedangkan balapan perahu karet dayung menempuh jarak 250 meter. Para peserta menempuh lintasan di babak penyisihan, sampai menuju babak final.

Lokasi balapan perahu dayung itu berada di muara Pantai Payangan, pertemuan antara aliran Sungai Gemuling dengan laut selatan Jawa yang berada di bawah perbukitan Teluk Love. Karenanya, airnya relatif tenang dan jauh dari gempuran ombak tinggi laut selatan.

"Anginnya gede itu jadi tantangan tersendiri bagi tim kami. Kami berpartisipasi dalam kompetisi ini karena baru pertama ini digelar, jadi kami ingin menjajalnya. Ini juga medan baru bagi kami," ujar Odent Mangkodinamo, Pelatih Tim Gajahmada Indonesia Purwakarta.

Sedangkan tim dari Jember antara lain diisi oleh nelayan asli Payangan. M Roki, misalnya, tergabung dalam Tim Hiu Payangan Jember. Lelaki yang sehar-hari bekerja sebagai nelayan ini ingin mencoba balapan perahu dayung.

Halaman
123
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved