Kabinet Indoneisa Maju

FORUM Kiai Kampung Kritik Pedas PBNU Soal Nada 'Protes' Pengangkatan Fachrul Razi Jadi Menteri Agama

Forum Komunikasi Kiai Kampung Jawa Timur (FK3JT) mengkritik fungsionaris Pengurus Besar Nahdlatul Ulama ( PBNU).

FORUM Kiai Kampung Kritik Pedas PBNU Soal Nada 'Protes' Pengangkatan Fachrul Razi Jadi Menteri Agama
Tribunnews/Irwan Rismawan
FORUM Kiai Kampung Kritik Pedas PBNU Soal Nada 'Protes' Pengangkatan Fachrul Razi Jadi Menteri Agama 

SURYA.co.id | SURABAYA - Forum Komunikasi Kiai Kampung Jawa Timur ( FK3JT) mengkritik fungsionaris Pengurus Besar Nahdlatul Ulama ( PBNU).

Pernyataan fungsionaris PBNU itu berkaitan dengan pengangkatan Fachrul Razi sebagai Menteri Agama di Kabinet Indoneisa Maju, yang terkesan lebih politik dari pada partai politik.

Pernyataan yang dimaksud berkaitan dengan penunjukan Menteri Agama, Fachrul Razi di Kabinet Indonesia Maju oleh Presiden Jokowi yang bukan merupakan representasi dari NU.

“NU itu politiknya kebangsaan dan keumatan. Sejak negara ini didirikan, NU tidak pernah minta-minta jabatan,” kata Sekretaris FK3JT, Muhammad Maftuh ( Gus Maftuh) melalui pernyataan tertulisnya di Surabaya, Sabtu (26/10/2019).

FK3JT justru mendukung langkah Presiden Jokowi yang menunjuk Fachrul Razi yang merupakan seorang purnawirawan jenderal yang juga agamawan.

Menurut Gus Maftuh, Menteri Agama mempunyai persoalan yang sangat mendasar di Indonesia yang harus diselesaikan, yaitu radikalisme dan terorisme.

“Sehingga, diperlukan sosok menteri agama seperti Bapak Fachrul Razi. Apapun keputusan Bapak Presiden, saya yakin demi kesejahteraan rakyat Indonesia dan kedaulatan NKRI,” tegasnya.

Seperti dikabarkan sebelumnya, PBNU mengaku banyak menerima kekecewaan dari sejumlah kiai atas penunjukan Fachrul Razi sebagai Menteri Agama oleh Presiden Joko Widodo ( Jokowi).

Kaget Saat Fachrul Razi Dipilih Jokowi Jadi Menteri Agama
Kaget Saat Fachrul Razi Dipilih Jokowi Jadi Menteri Agama (KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)

"Realitasnya banyak kiai dari berbagai daerah apalagi kiai kampung menyampaikan tentang pendapat tentang kementerian, tidak sedikit dari kiai yang mengungkapkan yang kami simpulkan dan tafsirkan sebagai bentuk kekecewaan. Andaikata bukan kiai, nadanya pasti protes," ucap Ketua Pengurus Harian Tanfidziyah PBNU, KH Robikin Emhas, Kamis (24/10/2019).

Namun begitu, secara umum PBNU memberikan ucapkan selamat kepada Jokowi-Maruf beserta menteri-menterinya.

Halaman
123
Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Iksan Fauzi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved