Grahadi

Beranda Grahadi

Khofifah Bersama Menpora Akan Seleksi Stadion di Jatim yang Layak untuk Venue Piala Dunia U-20

Pemprov Jatim segera menyiapkan diri untuk ketempatan venue pelaksanaan Piala Dunia U-20 tahun 2021.

Khofifah Bersama Menpora Akan Seleksi Stadion di Jatim yang Layak untuk Venue Piala Dunia U-20
SURYA.co.id/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat diwawancara di Gedung DPRD Provinsi Jawa Timur, Jumat (25/10/2019). 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) segera menyiapkan diri untuk ketempatan venue pelaksanaan Piala Dunia U-20 tahun 2021.

Setelah resmi diumumkan bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Piala Dunia U-20, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa segera melakukan respon strategis.

"Tadi saya bertelepon dengan Menpora, lalu Pak Wagub juga koordinasi dengan Pak Erick Thohir, saya komunikasikan ke Pak Menpora, Pak 1 dari 10 yang jadi rencana venue FIFA U-20 tahun 2021, saya minta tolong salah satunya Jawa Timur," kata Khofifah saat diwawancara di Gedung DPRD Provinsi Jawa Timur, Jumat (25/10/2019).

Menurutnya ada sejumlah opsi yang menjadi prioritas untuk menjadi venue Piala Dunia U-20 di Jawa Timur.

Khofifah menyebut di Surabaya ada Gelora Bung Tomo, lalu di Malang ada Stadion Kanjuruhan, lalu ada pula di kabupaten lain seperti Lamongan, Sidoarjo dan sejumlah stadion lain.

Dari opsi tersebut harus ada evaluasi dan assessment internal stadion mana yang paling cocok dan yang paling memenuhi syarat sebagai venue ajang internasional kelas dunia.

"Malam tadi saya langsung cocokkan dari beberapa hal ada yang memang kita harus lakukan assessment internal, Menpora insyaa Allah akan memprioritaskan kunjungan ke Jawa Timur, sekalian kita akan ajak beliau untuk melihat stadion kita," katanya.

Menurutnya Khofifah, Menpora Zainuddin Amali akan melakukan penilaian dan evaluasi.

Jika di Indonesia, stadion yang sudah berstandar internasional adalah Gelora Bung Karno. Di sana dari segi kapasitas penonton, keamanan dan fasilitas sudah sangat menunjang.

Khofifah ingin Menpora juga melakukan evaluasi stadion di Jatim untuk bisa memberikan masukan apa-apa yang masih butuh ditambahkan dan dibenahi.

Tujuannya, agar saat FIFA melakukan peninjauan dan penilaian venue, stadion Jawa Timur bisa lolos seleksi.

"Dari yang dijadikan standar oleh FIFA mungkin kalau kita lihat ke GBK. Di Jawa Timur kita lihat yang paling mendekati kualitas dan standar GBK yang mana. Kalau belum ada ya yang paling mendekati lah nanti, kurang apanya nanti kita perbaiki bersama," ucapnya.

Menpora Zainuddin Amali menurut Khofifah akan segera melakukan kunjungan pertamanya di Jawa Timur, karena menjadi daerah pemilihannya saat menjadi anggota DPR RI sebelum akhirnya dipilih Presiden Jokowi sebagai Menpora.

"Beliau tadi sampaikan akan melakukan kunjungan pertamanya nanti di Jawa Timur. Karena dapilnya kemarin-kemarin di Jawa Timur," pungkas Khofifah.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved