Berita Jember

Tahun ini Pemkab Jember bakal Revitalisasi 16 Pasar Tradisional, Segini Anggarannya

Bupati Jember Faida menyosialisasikan rencana revitalisasi pasar tradisional kepada pedagang di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Rabu (23/10/2019).

Tahun ini Pemkab Jember bakal Revitalisasi 16 Pasar Tradisional, Segini Anggarannya
surya.co.id/sri wahyunik
Bupati Faida sosialisasi rencana revitalisasi sejumlah pasar tradisional di Jember, Rabu (23/10/2019). 

Surya.co.id, Jember - Bupati Jember Faida menyosialisasikan rencana revitalisasi pasar tradisional kepada pedagang di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, Rabu (23/10/2019).

Pedagang itu berasal dari lima pasar yakni Pasar Sukowono, Pasar Jenggawah, Patrang, Gladak Merah Kecamatan Gumukmas, dan Pasar Balung Kulon Kecamatan Balung.

"Kali ini sosialisasi kepada pedagang dari lima pasar dari 16 pasar yang akan direnovasi tahun 2019," ujar Bupati Faida.

Tahun 2019 ini ada 16 pasar tradisional yang bakal direvitalisasi memakai dana APBD Jember tahun 2019. Alokasi anggaran sekitar Rp 120 miliar.

Sebelum renovasi pasar, Pemkab Jember mengundang pedagang yang berjualan di masing-masing pasar untuk sosialisasi.

Bupati Faida menyosialisasikan standar pasar sehat, dan pasar ber-SNI.

"Jadi meskipun pasarnya adalah pasar tradisional namun harus sehat, bersih, dan memiliki standar SNI. Masak orang jualan sate mau berdekatan sama orang jual baju. Nanti judulnya jadi jual baju sangit," kata Faida.

Dia menjanjikan nantinya pasar yang direnovasi akan lebih bagus. Tidak hanya perbaikan bangunan, namun juga ada penataan pedagang berdasarkan jenis dagangan.

Selain itu, lanjut Faida, pasar tradisional juga harus bisa diakses oleh kalangan difabel, dilengkapi ruang menyusui, juga ruang terbuka hijau, selain fasilitas kamar mandi.

"Jadi akan lebih rapi. Saya berharap bapak dan ibu mau ditata," tegasnya.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved