Berita Gresik

Seringnya Macet di Pintu Masuk Tol Kebomas Gresik, Warga Minta Pemerintah Lebarkan Jalan

Diduga akibat penyempitan jalan menjadi penyebab macet dan penumpukan kendaraan yang sering terjadi di pintu masuk Tol Kebomas, Gresik.

Seringnya Macet di Pintu Masuk Tol Kebomas Gresik, Warga Minta Pemerintah Lebarkan Jalan
SURYA.co.id/Sugiyono
MENUMPUK - Kendaraan di pintu masuk Tol Kebomas menumpuk akibat kondisi jalan yang menyempit, Kamis (24/10/2019). 

SURYA.co.id | GRESIK - Diduga akibat penyempitan jalan menjadi penyebab macet dan penumpukan kendaraan yang sering terjadi di pintu masuk Tol Kebomas, Gresik.

Selain itu, banyaknya kendaraan besar-besar yang akan masuk Tol Kebomas. Saat ini, kondisi jalan dibagi menjadi dua jalur, satu jalur untuk pintu masuk ke Tol Kebomas dan satu jalur lagi untuk jalan umum menuju ke Kota Gresik.

Alhasil terjadi penyempitan ruas jalan, akibatnya kendaraan besar yang akan masuk Tol Kebomas harus bergantian dengan kecepatan pelan.

Dampaknya, sering terjadi penumpukan kendaraan dan kemacetan di saat jam masuk sekolah, jam berangkat kerja dan pulang kerja.

"Iya, di sini sering macet, sebab jalannya sempit. Sementara kendaraan mobil semakin besar-besar dan banyak. Motor juga semakin banyak motor gede, seperti N Max dan PCX," kata Nurhadi, salah seorang warga yang melintas di Jl Dr Wahidin Sudirohusodo, Kecamatan Kebomas, Gresik, Kamis (24/10/2019).

Dari penyempitan jalan tersebut, Nurhadi menginginkan agar pemerintah segera memperlebar jalan di pintu masuk Tol Kebomas agar lalu lintas lancar.

Ia menambahkan, dari kemacetan itu mengakibatkan pengeluaran bahan bakar minyak (BBM) semakin banyak. Belum lagi harga BBM terus naik.

"Jadi masyarakat yang dirugikan, sudah beli BBM mahal, di jalan sering macet. Seharusnya pemerintah segera mengambil solusi dengan memperlebar jalan," imbuhnya.

Untuk memperlancar arus lalu lintas, jajaran Satlantas Polres Gresik selalu standby di pintu keluar dan masuk Tol Kebomas. Namun, karena kondisi jalan yang menyempit tetap sering terjadi penumpukan kendaraan.

Sebab, di Tol Kebomas banyak kendaraan yang dari arah Semarang, Tuban, Bojonegoro dan Lamongan untuk menuju Surabaya dan sekitarnya.

"Anggota dan saya sendiri selalu standby di pintu Tol Kebomas, tapi karena banyaknya kendaraan besar-besar dan jalan menyempit, akibatnya sering terjadi penumpukan kendaraan," kata Kanit Patroli Satlantas Polres Gresik, Ipda Suryono.

Lebih lanjut Suryono mengatakan, akan koordinasi dengan pihak terkait, sehingga segera ada solusinya.

"Kita evaluasi dan koordinasi dengan pimpinan dulu, sehingga bisa ada penyelesaian agar tidak terus terjadi penumpukan kendaraan," imbuhnya.

Penulis: Sugiyono
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved