Lifstyle

Kiat Hadapi Anak Beranjak Remaja dan mulai Kenal Cinta: Posisikan jadi Teman si Anak lalu Dengarkan

Psikiater anak dan remaja RSUD Dr Soetomo, Dr dr Yunias Setiawati SpKJ (K), mengatakan bahwa pada usia remaja awal, yaitu antara 13-15 tahun.

Kiat Hadapi Anak Beranjak Remaja dan mulai Kenal Cinta: Posisikan jadi Teman si Anak lalu Dengarkan
Foto: dokumentasi
Ilustrasi remaja. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Sumira (41) merasa bingung menghadapi anak perempuannya. Pasalnya, anak pertamanya yang tengah duduk di bangku kelas 7 SMP itu sedang mengalami masa pubertas.

Anaknya itu pun mulai lebih suka keluar dengan teman-temannya dan mulai menyukai lawan jenis.

"Usianya sekarang 13 tahun. Dia sekarang mulai memperhatikan penampilan. Beberapa kali saya tahu dia berkirim pesan singkat kepada teman laki-lakinya," ungkap Sumira

Lanjutnya, ia pun merasa bingung untuk menghadapinya. Di satu sisi, ia merasa itu merupakan hal yang wajar. Di sisi lain, ia takut anaknya berbuat hal yang buruk.

"Kan takut ya, pergaulan sekarang semakin tidak karuan, sebagai orangtua wajar kalau khawatir seperti ini," ia mengatakan.

Psikiater anak dan remaja RSUD Dr Soetomo, Dr dr Yunias Setiawati SpKJ (K), mengatakan bahwa pada usia remaja awal, yaitu antara 13-15 tahun, wajar jika anak mulai tertarik kepada lawan jenis.

"Remaja, menurut Erik Erikson, sedang berada pada tahap mencari identitas diri. Selain dari segi fisik, mereka juga mengalami perubahan dalam segi emosional. Mereka mulai menentang, memisahkan diri dari orangtua, serta bergaul dan tertarik kepada lawan jenis," Yunias menerangkan.

Untuk menghadapi anak yang beranjak remaja dan mulai tertarik kepada lawan jenis, orangtua, ungkapnya, harus memahami fase perkembangan anak itu.

"Dalam tahap ini, orangtua berperan sebagai teman si anak. Artinya, orangtua harus memberi kesempatan dan menjadi pendengar," tuturnya.

Hubungan yang baik antara orangtua dan anak, akan menciptakann self-concident, self-esteem, self-reliance, dan self-concept baik.

Halaman
12
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved