Berita Surabaya

Halim Iskandar Jadi Menteri Desa dan PDTT, PKB Jatim Siapkan PAW DPRD Jatim

Sebelum jadi Menteri, Halim tercatat sebagai Anggota Fraksi PKB di DPRD Jatim. Dengan adanya amanah baru tersebut, Halim harus mengundurkan diri

Halim Iskandar Jadi Menteri Desa dan PDTT, PKB Jatim Siapkan PAW DPRD Jatim
SURYA.co.id/Bobby Constantine kKloway
Abdul Halim Iskandar. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Abdul Halim Iskandar resmi dilantik sebagai Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) oleh Presiden RI, Joko Widodo, Rabu (23/10/2019).

Halim Iskandar menjadi satu di antara politisi PKB asal Jatim yang masuk Kabinet Jokowi-Maruf Amin.

Menindaklanjuti hal tersebut, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jatim bersiap melakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) di DPRD Jatim.

Sebelum dilantik sebagai Menteri, Halim tercatat sebagai Anggota Fraksi PKB di DPRD Jatim. Dengan adanya amanah baru tersebut, Halim harus mengundurkan diri dari DPRD Jatim.

Menteri Desa dan PDTT Halim Iskandar Dikenal Dermawan dan Sering Borong Bubur

Wakil Sekretaris DPW PKB Jatim, Fauzan Fuadi menjelaskan proses PAW saat ini sedang berjalan.

"Kami mengajukan PAW Gus Halim ke DPRD Jatim. Kami targetkan tuntas secepatnya," kata Fauzan kepada Surya.co.id ketika dikonfirmasi di Surabaya, Rabu (23/10/2019).

Dengan pengunduran Halim dari DPRD Jatim, maka kursi kakak Ketua Umum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) ini akan diisi oleh Masduki.

Masduki merupakan Calon Legislatif dari PKB yang berada satu dapil dengan Halim, dapil Jatim X (Kab/Kota Mojokerto, dan Jombang).

Di dapil tersebut, PKB mendapat dua kursi DPRD Jatim. Selain Halim, PKB menempatkan Ahmad Athoillah sebagai Anggota Fraksi PKB di DPRD Jatim.

Sementara perolehan suara Masduki berada di peringkat ketiga di bawah dua figur tersebut. Memperoleh 24.139 suara, Masduki berada di bawah Halim (106.662 suara) dan Athoilah (24.303 suara).

Saat ini, Masduki merupakan Sekretaris DPC PKB Kota Mojokerto. Pada 2008 lalu, ia pernah menjabat Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Ikatan Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Jatim.

Selain menjabat Anggota Fraksi, Halim juga menjabat sejumlah Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di DPRD Jatim. Di antaranya, Wakil Ketua DPRD Jatim, Wakil Ketua Badan Musyawarah DPRD Jatim, Wakil Ketua Badan Anggaran, hingga Penasehat Fraksi PKB DPRD Jatim.

Terkait jabatan Halim di sejumlah AKD tersebut, PKB akan menyiapkan sejumlah mekanisme.

"Sudah kami siapkan penggantinya," jelas Fauzan yang juga Wakil Ketua Komisi E ini diplomatis.

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved