Berita Madiun

Bupati Kaji Mbing Ajak Ribuan Santri di Madiun untuk Salat Istisqa, Memohon Hujan segera Turun

Bupati Madiun, Ahmad Dawami, mengajak pimpinan Forkopimda Kabupaten Madiun, serta ribuan santri salat Istisqa di Alun-Alun Reksogati, Caruban.

Bupati Kaji Mbing Ajak Ribuan Santri di Madiun untuk Salat Istisqa, Memohon Hujan segera Turun
surya.co.id/rahadian bagus
Bupati Madiun, Kaji Mbing dan forkopimda melakukan salat Istisqa di Alun-Alun Reksogati, Caruban, Selasa (22/10/2019). 

SURYA.co.id|MADIUN - Bupati Madiun, Ahmad Dawami, mengajak pimpinan Forkopimda Kabupaten Madiun, serta ribuan santri salat Istisqa di Alun-Alun Reksogati, Caruban, Selasa (22/10/2019) usai apel akbar memperingati Hari Santri Nasional 2019.

"Kita berdoa bersama mudah-mudahan hujan cepat turun dan Kabupaten Madiun terhindarkan dari kekeringan," kata bupati yang biasa dipanggil Kaji Mbing ini kepada wartawan

Sholat istisqa merupakan sholat sunah yang dijalankan untuk meminta hujan. Sebab, hingga akhir Oktober, di Kabupaten Madiun belum turun hujan sehingga menyebabkan terjadinya kekeringan.

Sebelum salat, digelar Apel Akbar Hari Santri Nasional tahun 1441 H / 2019 M. Selain itu, juga ditampilkan senam IPSI diikuti 14 perguruan silat di Kabupaten Madiun, drama kolosal 'Lahirnya Resolusi Jihad Santri' dan penampilan kolosal, serta yel-yel kader penggerak NU.

"Dengan ditetapkannya hari santri nasional, ini menandakan bahwa kiprah ulama dan santri sebagai garda terdepan dalam memperjuangkan, mengawal serta mengisi kemerdekaan benar-benar sangat dibutuhkan oleh bangsa dan negara kesatuan republik indonesia yang tercinta ini," katanya.

Peran serta sumbangsih para ulama dan santri masih sangat dibutuhkan dalam upaya membentuk dan menciptakan sumber daya manusia yang mandiri, amanah dan berakhlakul karimah. Pemkab Madiun dari tahun ke tahun selalu memberikan support terhadap pelaksanaan kegiatan peringatan hari santri. Baik support berupa materiil maupun moril.

Sebagaimana yang telah tertuang dalam Ikrar Santri Indonesia. Makna yang terkandung dalam tema hari santri nasional tahun 2019, "Santri Unggul Indonesia Makmur" merupakan cambuk agar dapat lebih meningkatkan, pengetahuan serta sumber daya manusia agar mampu bersaing dengan negara-negara lain.

"Sesuai dengan tema, Santri Unggul Indonesia Makmur. Santri unggul Kabupaten Madiun juga harus makmur," katanya.

Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved