Sosok

Potret Benita Wahyu Juanti, Istikamah Tuntut Ilmu ke Negeri China

Benita Wahyu Juanti adalah santri Pondok Pesantren Nurul Jadid, Probolinggo, yang menempuh pendidikan sarjana di Huaqiao University, Xiamen, Tiongkok.

Potret Benita Wahyu Juanti, Istikamah Tuntut Ilmu ke Negeri China
istimewa/dok pribadi
Potret Benita Wahyu Juanti 

SURYA.co.id | SURABAYA - Pepatah 'tuntutlah ilmu hingga ke negeri China' benar-benar dilakukan oleh Benita Wahyu Juanti (21). Benita merupakan santri lulusan Pondok Pesantren Nurul Jadid, Probolinggo, yang saat ini menempuh pendidikan sarjana di Huaqiao University, Xiamen, Tiongkok.

Benita mengaku awalnya tak tertarik Bahasa Mandarin, namun tertarik mendalami Bahasa Inggris dan hobi teater. Selama duduk di bangku sekolah dan lingkungan pondok pesantren, ia melanjutkan fokus belajar Bahasa Inggris.

"Awalnya SMP sudah di lembaga Bahasa Inggris di Ponpes Nurul Jadid terus mencoba masuk ke program bahasa (Arab, Inggris, Mandarin) SMA Nurul Jadid," kata Benita melalui telpon, Selasa (22/10/2019).

Namun di waktu yang sama, ia juga mempelajari Bahasa Mandarin.

Lambat laun perjalanan akhir sekolah, Benita mengaku banyak berdiskusi dengan gurunya untuk melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi.

"Waktu itu perekonomian keluarga kurang bagus. Saya ingin kuliah yang sekiranya tidak bayar alias jalur beasiswa," kata gadis Lumajang ini.

Keinginannya untuk menempuh perguruan tinggi bahkan hingga ke luar negeri membuat Benita bertekad belajar lebih keras.

Ia mengaku juga menyisihkan uang pemberian orangtuanya selama di pesantren untuk mengikuti tes.

"Saya iseng mengikuti tes syarat ke Tiongkok, tes bahasa (HSK). Alhamdulillah, hasil tes saya satu di antara lima orang yang lolos. Saya sujud syukur, senang," kenangnya.

Setelah tamat pendidikan sekolah di Ponpes Nurul Jadid tahun 2016, Benita mengikuti beasiswa kerja sama pondok pesantren dan sebuah universitas di Tiongkok.

Halaman
123
Penulis: Nur Ika Anisa
Editor: irwan sy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved