Berita Tuban

Perobekan Bendera Belanda Warnai Peringatan Hari Santri di Tuban, bagian Resolusi Jihad ini Maknanya

Aksi dramatikal bertemakan Resolusi Jihad mewarnai upacara Hari Santri Nasional (HSN) 2019 di Kabupaten Tuban.

Perobekan Bendera Belanda Warnai Peringatan Hari Santri di Tuban, bagian Resolusi Jihad ini Maknanya
surya.co.id/m sudarsono
Dramatikal perlawanan santri terhadap kolonial Belanda pada momen 10 November 1945. Drama ini rangkaian peringatan Hari Santri di Alun-alun Tuban, Selasa (22/10/2019).  

SURYA.co.id | TUBAN - Aksi dramatikal bertemakan Resolusi Jihad mewarnai upacara Hari Santri Nasional (HSN) 2019 di Kabupaten Tuban.

Drama yang mengangkat zaman perjuangan bangsa Indonesia pada masa penjajahan itu dilaksanakan di Alun-alun setempat, Selasa (22/10/2019), sore.

Pementasan yang dimainkan oleh tim teater Artma STITMA Tuban menceritakan, tentang resolusi jihad santri dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan yang dimotori KH Hasyim Asyari.

Suasana perang tergambarkan saat Belanda dan sekutunya kembali ke Surabaya pada 10 November 1945. Perlawanan para santri begitu nyata, hingga akhirnya mengusir penjajah.

Para santri sebanyak 50 orang menurunkan bendera Belanda dan bahkan merobeknya.

"Ini menceritakan tentang resolusi jihad santri dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan yang dimotori KH Hasyim Asyari," kata Arifin, Sutradara penggarap dramatikal resolusi jihad.

Drama yang berlangsung selama 30 menit sebelum pelaksanaan upacara HSN di Alun-alun itu, mampu menarik emosional peserta upacara yang juga dihadiri Bupati dan Wakil Bupati beserta jajaran Forpimda.

Dia berharap dramatikal ini bisa mengingatkan dan menumbuhkan kembali jiwa nasionalisme pada santri.

Ditengah pementasan juga ada pembacaan puisi tentang semangat perjuangan para santri.

"Alhamdulillah dramatikal resolusi jihad berjalan lancar meski persiapannya 10 hari, poinnya yaitu mengajak santri mencintai NKRI," Pungkasnya.

Penulis: M. Sudarsono
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved