Grahadi

Beranda Grahadi

Peringati Hari Santri, Khofifah Berharap Pesantren Kuatkan Sebagai Laboratorium Perdamaian Dunia

Sebagai laboratorium perdamaian, pesantren merupakan tempat menyemai ajaran Islam rahmatan lil alamin.

Peringati Hari Santri, Khofifah Berharap Pesantren Kuatkan Sebagai Laboratorium Perdamaian Dunia
Humas Pemprov Jatim
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menjadi pimpinan apel Hari Santri di Mapolda Jawa Timur, Selasa (22/10/2019) 

SURYA.co.id | SURABAYA - Peringatan Hari Santri  Nasional Tahun 2019 mengambil tema "Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia".

Dalam amanat tertulis menteri agama pada hari santri  disampaikan, bahwa isu perdamaian diangkat berdasar fakta bahwa sejatinya pesantren adalah laboratorium perdamaian.

Sebagai laboratorium perdamaian, pesantren merupakan tempat menyemai ajaran Islam rahmatan lil alamin.

Islam ramah dan moderat dalam beragama. Sikap moderat dalam beragama sangat penting bagi masyarakat yang pluural dan multikultural.

Dengan cara seperti inilah keragaman dapat disikapi dengan bijak serta toleransi dan keadilan dapat terwujud. Semangat ajaran inilah yang dapat menginspirasi santri untuk berkontribusi  merawat perdamaian dunia.

Rangkaian hari santri dilaksanakan secara beragam. Antara lain  yang diselenggarakan lembaga pendidikan Khadijah Surabaya berlangsung cukup  istimewa.

Hari yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober itu tak hanya dihadiri Sheikh Afeefuddin Al Jailani saja. Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawasan pun ikut menghadiri peringatan tersebut di Yayasan Khadijah Surabaya, Senin (21/10/2019) sore.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Khofifah yang mengenakan baju muslim berwarna putih itu mengajak para siswa membangun semangat heroisme (kepahlawanan).

Semangat tersebut disampaikan untuk mengikuti jejak  sekaligus melanjutkan perjuangan para syuhada dan pahlawan yang mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Untuk semakin membangkitkan semangat heroisme, Gubernur Khofifah melantunkan Salawat Nabi bersama para siswa yang kemudian dilanjutkan dengan Lagu Ya ahlal Waton. Secara serentak para siswa dari tingkat SMP dan SMA berdiri ikut melantunkan lagu tersebut.

Halaman
123
Editor: Cak Sur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved