Sambang Kampung Simorejo

Ingin Anak - anak Pintar Menari, Eni Dirikan Sanggar Rukun Mulyo

Warga RT 09 RW 02 Simorejo, Simomulyo, Suko Manunggal, Surabaya sudah tak asing lagi dengan penanaman sistem hidroponik.

Ingin Anak - anak Pintar Menari, Eni Dirikan Sanggar Rukun Mulyo
surya.co.id/delya octovie
Penari remo dari Sanggar Rukun Mulyo menyambut kedatangan Plt. Kepala DKRTH, Eri Cahyadi, di RT 09 RW 02 Simorejo, Simomulyo, Suko Manunggal, Surabaya. Sanggar Rukun Mulyo sudah 23 tahun berdiri, dan menjadi satu di antara kebanggaan warga Suko Manunggal. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Bagi penari tradisional seperti Eni Sri Wahyuni (46), tak ada yang lebih membahagiakan dibanding mendorong anak-anak kecil di daerah kampungnya untuk mencintai tari juga.

Perempuan yang sudah senang menari sejak kecil ini akhirnya membuka Sanggar Rukun Mulyo pada tahun 1996.

"Saya buka di lingkup Simo supaya anak-anak bisa menari, bisa kreatif. Saya sendiri memang senang menari. Anak-anak saya kuliah tari di UNESA. Suami juga suka menari," tutur Eni ketika ditemui beberapa waktu lalu.

Ia mengajarkan beragam tari tradisional di sanggarnya, mulai dari tari remo, sampai kreasi layaknya semut dan garuda nusantara.

Peminatnya anak-anak muda, usia TK sampai SMA.Tak tanggung-tanggung, anggota sanggarnya kini mencapai lebih dari 100 anak.Misi mengajari anak-anak pun tidak semudah itu.

Ia harus mengerti cara menyampaikan materi dan menanamkan ketelatenan pada anak-anak. "Saya sebenarnya ya cerewet, kereng, tapi menyesuaikan," ucapnya.

Tidak semua anak mudah diajari di sanggarnya.

Satu di antara senior yang kini ikut melatih di sanggar, Febriani (23), mengatakan ada kesulitan sendiri menghadapi anak yang mudah jenuh.

"Kalau benar-benar niat ikut sanggat itu didikannya lebih mudah. Yang sulit ya kalau anaknya kaku, nangisan. Akhirnya orang tua harus telaten mengantar, supaya anak tidak jenuh. Ini kan anggota kami kebanyakan mulai usia 3-4 tahun," paparnya.

Meski begitu, banyak kisah-kisah tentang anak yang tadinya sulit sekali diajari menari, kini justru menggondol banyak piala.

Halaman
12
Penulis: Delya Octovie
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved