Berita Surabaya

Tri Rismaharini Disebut-sebut Masuk Kabinet Kerja Jilid 2, Ini Kata Pengamat Politik

Risma dengan segudang prestasi selama memimpin Surabaya juga menjadi nilai lebih untuk naik level di tingkat nasional.

Tri Rismaharini Disebut-sebut Masuk Kabinet Kerja Jilid 2, Ini Kata Pengamat Politik
SURYA.co.id/Yusron Naufal Putra
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Nama Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini disebut-sebut mendapat jabatan menteri di periode kedua kepemimpinan Jokowi.

Pengamat politik dari UTM dan peneliti SSC, Surokim Abdussalam mengatakan, Risma sudah saatnya naik level ke tingkat menteri setelah dikenal sukses menjadi Wali Kota Surabaya dua periode.

"Menurut saya naik kelas itu apresiasi kepada beliau, masyarakat Kota Surabaya juga akan mengikhlaskan," kata Surokim, Sabtu (19/10/2019).

Menurut Surokim, Risma dengan segudang prestasi selama memimpin Surabaya juga menjadi nilai lebih untuk naik level di tingkat nasional.

Terlebih, masuknya Risma dalam jabatan politik di DPP PDI Perjuangan, semakin membuat Risma berpeluang besar untuk mengisi jabatan menteri untuk membantu Presiden Jokowi di lima tahun mendatang.

Surokim berkeyakinan, Risma akan sulit menolak jika benar-benar diberikan penawaran untuk masuk kabinet Jokowi.

Sebab, dengan Risma bersedia menjadi pengurus DPP, Surokim meyakini, Risma juga akan bersedia pula untuk masuk jajaran kabinet.

"Jika beliau menolak tentu akan punya implikasi besar dan rasanya akan merugikan karir politik dan jabatan publik beliau ke depan," terang Dosen Universitas Trunojoyo Madura ini.

Sebelumnya, Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto memberikan sinyal kuat masuknya Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini atau Risma ke dalam Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Bahkan Bu Risma sudah menjadi Ketua DPP Partai. Kalau di dalam profiling Presiden baik, tentu saja hal tersebut dikonsultasikan dan didialogkan ke Ibu Megawati Soekarnoputri," kata Hasto.

Penulis: Yusron Naufal Putra
Editor: Titis Jati Permata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved