Citizen Reporter

Ratusan Mahasiswa Surabaya & Sidoarjo Ikut Serta Ekspedisi Peduli Lingkungan Sungai Brantas

Sebanyak 274 orang dari unsur peserta didik dan guru mengikuti Jumpa Perjalanan Ekspedisi Peduli Lingkungan (Jumpali) ke-10.

Ratusan Mahasiswa Surabaya & Sidoarjo Ikut Serta Ekspedisi Peduli Lingkungan Sungai Brantas
ist/Citizen Reporter
Sebanyak 274 orang dari unsur peserta didik dan guru mengikuti Jumpa Perjalanan Ekspedisi Peduli Lingkungan (Jumpali) ke-10. 

SURYA.co.id - Area Perum Jasa Tirta I Jalan Karah Surabaya, tepatnya di sisi selatan Sungai Brantas yang biasa disebut Rolak Gunungsari, sangat ramai, Sabtu (12/10/2019).

Sebanyak 274 orang dari unsur peserta didik dan guru dari Surabaya dan Sidoarjo, mahasiswa Universitas Surabaya dan Universitas Wijayakusuma, aktivis lingkungan, serta masyarakat mengikuti Jumpa Perjalanan Ekspedisi Peduli Lingkungan (Jumpali) ke-10.

Jumpali kali ini diselenggarakan berkat kolaborasi Bambusa Forest Indonesia (BaFI), Perum Jasa Tirta, Universitas Surabaya, Citraland, Waskita, Balai Besar Wilayah Sungai Brantas, dan PDAM Surya Sembada Kota Surabaya.

Agenda utama Jumpali bertema Bebaskan Sungai Brantas dari Sampah Plastik dan Popok Bayi itu adalah susur Sungai Brantas mulai dari Rolak Gunungsari ke arah Karangpilang, seminar lingkungan, dan lomba vlog.

Menurut Antonius P Wigig R, Presiden BaFI, selaku ketua panitia, kegiatan itu menjadi media edukasi bagi kalangan perguruan tinggi, peserta didik, dan masyarakat.

Dengan susur sungai, para peserta akan dapat melihat secara langsung bagaimana kondisi air Sungai Brantas yang menjadi sumber utama bahan baku air minum.

Para peserta begitu bersemangat menyusuri Sungai Brantas.

Mereka tidak hanya menyaksikan situasi, tetapi juga membuat materi video sambil menceritakan kondisi Sungai Brantas untuk diikutkan dalam lomba vlog.

Sungai Brantas bersumber dari mata air Desa Sumber Brantas Kota Batu, tepatnya di lereng Gunung Arjuna dan Gunung Anjasmoro.

Paling tidak ada 10 kabupaten dan tujuh kota yang berada di Daerah Aliran Sungai Brantas (DAS).

Halaman
12
Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Adrianus Adhi
Sumber: Surya Cetak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved