Berita Surabaya

Menengok Koleksi Le Fleur Karya Desainer Tyas Santhi Ratnasari, Keindahan Taman Bunga Batik Sleman

fashion designer Tyas Santhi Fatmasari memutuskan untuk menghadirkan koleksi busana berjudul Le Fleur

Menengok Koleksi Le Fleur Karya Desainer Tyas Santhi Ratnasari, Keindahan Taman Bunga Batik Sleman
Surya/Sugiharto
Salah satu koleksi Tyas Santhi Ratnasari yang bertema Le Fleur dengan penggunaan aksen Batik Sleman modifikasi motif batik klasik Sekar Jagad. 

SURYA.co.id | SURABAYA - Bunga menjadi personifikasi dari kecantikan, femenitas, elegansi, dan romantisme. Bunga identik dengan keberagaman bentuk dan warna-warna yang memikat.

Inilah yang membuat fashion designer Tyas Santhi Fatmasari memutuskan untuk menghadirkan koleksi busana berjudul Le Fleur.

"Le Fleur diambil dari Bahasa Perancis, yang berarti 'bunga'," ungkap Top 15 Design and Nominatee for International Fashion Crowd Challenge October 2015 at 1st Day ini, Sabtu (19/10).

Meski demikian, desainer kelahiran Yogyakarta, 02 November 1984 ini tak ingin melahirkan busana yang berangkat dari konsep luar negeri, melainkan dari budaya tradisional, yaitu batik.

Ia memilih batik Sleman, lebih tepatnya, memodifikasi motif batik klasik Sekar Jagad. Batik ini juga memilki arti bunga setaman.

Adapun motif yang ia usung yaitu sinom prajitno, biji salak, tambal, dan pucuk rebung.

"Saya terpesona dengan batik Sekar Jagad yang mengandung banyak motif. Sekar Jagad sendiri berarti perpaduan banyak unsur seperti taman bunga," katanya menjelaskan.

Indonesia, lanjutnya, memiliki tradisi yang perlu diangkat, termasuk batik. Hal ini menurutnya agar bisa diterima secara internasional. Untuk itulah, ia mengemas busana batik rancangannya secara lebih megah atau dimodifikasi.

Ditanya mengenai busananya, Tyas mengatakan, ia mendesain busana berjenis cocktail, evening, dan grande-avant garde yang tetap berpegang pada ciri etnik-kontemporer.

"Potongan busana saya, ciri khasnya yaitu avant garde, dalam arti, tidak biasa, seperti desain yang overleap atau cross cutting," kata Tyas.

Halaman
12
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Adrianus Adhi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved