Berita Madiun

Wali Kota Maidi Bangun Negeri Pecel (Pecel Land), Wisata Baru di Kota Madiun Bertaraf Internasional

Kini Pemerintah Kota Madiun berencana membangun tempat wisata berupa miniatur Kota Madiun, bernama Pecel Land.

Wali Kota Maidi Bangun Negeri Pecel (Pecel Land), Wisata Baru di Kota Madiun Bertaraf Internasional
surya.co.id/rahadian bagus
Wali Kota Madiun, Maidi┬ádalam sebuah kesempatan. Wali Kota Maidi bakal membangun destinasi wisata baru Negeri Pecel alias Pecel Land. 

SURYA.co.id|MADIUN - Pemerintah Kota Madiun terus menata dan mempercantik kota. Kini Pemerintah Kota Madiun berencana membangun tempat wisata berupa miniatur Kota Madiun, bernama Pecel Land.

Rencananya, Pecel Land atau Negeri Pecel ini akan dibangun di lahan seluas 15 hektare di samping Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) Madiun yang berada di Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun.

Wali Kota Madiun yang baru, Maidi, memang sedang sedang gencar menata dan mempercantik Kota Madiun. Pecel Land nantinya akan menjadi tempat menjual beragam produk andalan Kota Madiun, termasuk di antaranya pecel.

Maidi menuturkan, Pecel Land akan dibangun di lahan seluas 15 hektare. Selain dibangun tempat untuk menjual pecel dan beragam produk unggulan Kota Madiun, sebagian lahan akan dijadikan kebun untuk menanam pohon turi dan sayuran lain yang biasa menjadi sayuran dalam hidangan nasi pecel.

"Di Madiun juga terkenal dengan jeruk nambangan. Nanti juga harus disediakan lahan seluas 2 hektare untuk kebun jeruk nambangan," kata Maidi, Jumat (18/10/2019).

Para pengunjung Pecel Land, selain bisa menikmati nasi pecel juga bisa menyaksikan langsung proses pembuatan madu mongso yang merupakan oleh-oleh khas Kota Madiun.

"Pengunjung yang datang ke Pecel Land, juga bisa menikmati penampilan pencak silat sambil menikmati nasi pecel," kata Maidi.

Maidi menyampaikan Pecel Land akan menjadi ikon baru tempat wisata Kota Madiun yang bertaraf nasional dan internasional.

Makdi juga mengklaim, Pecel Land nantinya juga akan menjadi window display bagi produk-produk unggulan di Jawa Timur bagian barat.

"Semisal ada pengunjung yang tidak sempat ke Pacitan, bisa langsung ke Pecel Land. Ada yang tidak sempat ke Magetan, bisa ke Pecel Land. Karena nanti semua produk dari wilayah seperti Ngawi, Magetan, Pacitan, Ponorogo akan ada di Pecel Land," kata Maidi.

Ia menambahkan, rencananya Pecel Land akan dikelola oleh pihak swasta. Saat ini, kata Maidi, sudah ada tiga investor yang tertarik untuk menjadi mengelola Pecel Land.

Meski demikian, belum ada bentuk kesepakatan kerjasama secara detail.
"Sudah ada tiga investor yang tertarik mengelola Pecel Land. Proposalnya sudah masuk," imbuhnya. 

Sebelumnya, Pemkot Madiun telah membuat taman seribu bunga di Taman Lalu Lintas Bantaran, dan membangun patung pendekar setinggi sekitar sembilan meter di proliman Jalan Thamrin.

Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved