Berita Jember

Reaksi Nurul Ghufron soal Usia Pimpinan KPK: Ajukan Judicial Review jika Batas Minimal Usia 50 Tahun

Komisioner terpilih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron menunggu UU KPK hasil revisi secara resmi.

Reaksi Nurul Ghufron soal Usia Pimpinan KPK: Ajukan Judicial Review jika Batas Minimal Usia 50 Tahun
SURYA.co.id/Sri Wahyunik
Komisioner KPK terpilih periode 2019 - 2023, Nurul Ghufron dan sang istri, Siti Aisyiyah. 

 SURYA.co.id | JEMBER - Komisioner terpilih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron menunggu UU KPK hasil revisi secara resmi.

Pernyataan ini disampaikan Ghufron ketika diwawancarai perihal perbedaan usia minimal pimpinan KPK di UU KPK hasil revisi bulan September 2019.

Pada Pasal 29 huruf e UU KPK lama menyatakan syarat pimpinan KPK sekurang-kurangnya berumur 40 tahun. Sementara, pada UU KPK hasil revisi menyebutkan ketentuan umum pimpinan KPK paling rendah 50 tahun.

Ghufron mengatakan, dirinya masih mengetahui revisi UU KPK itu yang beberapa waktu lalu masih di tangan DPR RI.

Dalam draft itu tertulis usia paling rendah pimpinan KPK (dalam angka) adalah 50 tahun, kemudian diikuti dalam kurung tulisan empat puluh tahun. Ketika itu tersiar kabar jika ada kesalahan ketik.

Saat diwawancarai Surya, Ghufron mendengar jika Badan Legislasi DPR RI telah meralat jika batas minimal usia pimpinan KPK yang benar di UU KPK hasil revisi adalah 50 tahun.

"Namun saya tidak bisa menyebutnya itu sebagai kepastian, karena saya belum membaca langsung UU KPK hasil revisi yang telah resmi diundangkan," tandas Ghufron.

"Jadi saya perlu memastikan apakah memang benar 50 tahun, atau 40 tahun. Harus secara resmi yang sudah ada nomornya, atau diundangkan," lanjutnya.

Jika batas usia minimal 40 tahun, maka tidak akan berpengaruh kepada Ghufron yang saat ini berusia 45 tahun.

Namun, beda cerita jika batas minimal usia pimpinan KPK adalah 50 tahun. Jika yang berlaku itu, maka Ghufron terancam tidak bisa dilantik sebagai pimpinan KPK.

Halaman
12
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Parmin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved